Oleh : HAIRUZAMAN

(Editor In Chief Harianexpose.com dan Deputy Chief Editor Tabloid VISUAL Jakarta)

Tak bisa dipungkiri, Babinsa mempunyai peran yang sangat kardinal bagi warga di desa binaannya. Kehadiran sosok Babinsa bukan hanya sekadar menjalankan tugas rutinnya sehari-hari saja, melainkan juga harus menjadi solusi terhadap berbagai kesulitan yang tengah dihadapi oleh masyarakat.

Belakangan ini peran Babinsa di tengah-tengah masyarakat memang mulai dikedepankan dan kehadirannya dinilai sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Berbagai prmasalahan aspek kehidupan sosial dan kemasyarakatan diperlukan kehadiran Babinsa guna mencari solusi dan alternatif jalan keluar.

Babinsa merupakan kesatuan TNI Angkatan Darat (AD) yang bertugas untuk membantu menjaga keamanan dan ketertiban di wilayahnya. Mereka juga harus memantau kegiatan-kegiatan yang berpotensi dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat. Seperti penjualan narkoba, adanya tawuran antar kelompok dan mengantisipasi munculnya penyakit masyarakat (patologi sosial) dan lain-lain.

Saat ini kehadiran sosok Babinsa di jajaran Korem 064/MY mulai dirassakan oleh masyarakat di Provinsi Banten. Mulai membantu perbaikan jembatan yang rusak akibat tergerus hujan, jalan yang amblas maupun rusak, membantu warga yang sakit, hingga permasalahan sosial dan kemasyarakatan yang lainnya.

Semua itu tak lepas dari peran Danrem 064/MY, Brigjen TNI Tatang Subarna, yang tidak bosan-bosannya berkunjung ke semua satuan yang ada dijajarannya untuk memberikan pengarahan dan pembinaan terhadap seluruh bawahannya.

Pasalnya, sebagai seorang pemimpin di jajaran Korem 064/MY, memang harus sering melakukan kunjungan kerja ke satuan yang ada di wilayan Korem 064/MY guna mengetahui permasalahan yang tengah dihadapi oleh para bawahannya, termasuk menyampaikan program-program pembangunan.

Baik Dandim maupun Danramil yang merupakan representasi Danrem 064/MY, juga mempunyai peran yang sangat strategis guna ikut memberikan pembinaan secara kontinyu kepada para Babinsa agar bekerja lebih maksimal lagi di tengah-tengah masyarakat.

Semua yang dilakukan oleh Babinsa di tengah-tengah masyarakat itu merupakan wujud bahwa TNI manunggal dengan rakyat. Selain itu, TNI dan rakyat itu tak bisa dipsahkan. Sebab, TNI itu sejatinya lahir dari “rahim” rakyat. **

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *