Waketum MUI Banten, KH. A. Bazari Syam Buka Pelatihan Auditor Internal ISO 9001 : 2015

0

Editor In Chief : Hairuzaman.            Deputy Chief Editor : Prof. Dr. KH. Sutan Nasomal Tambunan, SH, MH, LLM, P.hd.

KOTA SERANG – Harianexpose.com|

Wakil Ketua Umum MUI Provinsi Banten, Dr. KH. A. Bazari Syam, secara resmi membuka Pelatihan Auditor Internal ISO 9001 : 2015 MUI Provinsi Banten, pada Selasa (12/9/2023). Kegiatan itu dengan mengusung tema “Membentuk Auditor Internal Dalam Mewujudkan MUI Banten yang Tertata Rapih dan Modern” bertempat di Aula MUI Banten.

Wakil Ketua Umum MUI Banten, Dr. KH. A. Bazari Syam, dalam sambutannya mengatakan, Allah SWT memuliakan kita karena masih menutupi aib, aurat dan kekurangan manusiawi kita. “Semoga kita mendapatkan kesempurnaan hidup di akhirat kelak,” bebernya.

Bazari menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadiran Ketua Umum MUI Provinsi Banten, KH. Tb. Hamdi Ma’ani Rusydi. Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada Tim ISO MUI Banten. Semoga menjadikan MUI Banten lebih mendapatkan trust (kepercayaan-red) umat.

Menurut ia, ISO bisa berfungsi sebagai kritik yang mendalam bagi kita. “Nilailah dirimu ketika sedang sendiri. Itulah potret yang sesungguhnya. Inilah fungsi ISO bagi MUI Banten,” tandasnya.

Ketua Tim ISO 9001 : 2015 MUI Banten, Ir. KH. Syafrol Makmur, M.Pdi, memgatakan, ada mahasiswa magang yang telah banyak membantu kita. Seperti sekarang ini ada mahasiswa magang. Kita mencoba untuk mendaftarkan guna mendapatkan Sertifikat ISO. Nanti kita akan mencoba untuk melakukan auditor. Satu orang untuk mengaudit dua KBL.

Sementara itu. Ketua Tim  ISO 9001 : 2015 MUI Pusat, KH. Hasan Suharna, mengungkapkan. materi pelatihan ISO ini idealnya 20 jam efektif. Proses yang baik, maka akan berpotensi menghasilkan yang baik pula. Maka kita harus menjalankan proses yang lebih baik, diiringi dengan do’a yang lebih baik lagi.

“Kesuksesan itu 10 persen dari proses dan 90 persen dari attitude atau akhlak, Termasuk akhlak kepada Sang Khaliq.
Diharapkan para peserta dapat memahami konsep audit, melakukan audit internal, membuat laporan audit, mampu membuat peluang di area yang dinilainya,” ujarnya.

Menurut Hasan, kita akan mereview semua kebutuhan auditor yang sudah dibahas sebelumnya. Termasuk follow up (tindak lanjut-red) dari audit. Nanti ada ujian akhir. Soalnya ada teori dan kasus audit. Pelatihan ini ada penilaian: continuous test. Bagi yang lulus nanti ada sertifikat sebagai auditor dan sertifikat sebagai peserta pelatihan auditor.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *