Al Muktabar Ajak Terapkan Pola Hidup Sehat dan Aktif

0

Reportase : Ahmadin.                                Editor In Chief : Hairuzaman.            Deputy Chief Editor : Prof. Dr. KH. Sutan Nasomal Tambunan, SH, MH, LLM, P.hD

KOTA SERANG – Harianexpose.com |

Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Banten menggelar Senam Sehat di Lapangan Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Banten, KP3B Curug, Kota Serang, pada Jum’at (15/9/2023). Kegiatan tersebut mengusung tema Bergerak Bersama Menuju Keluarga Sejahtera dan Tangguh Wujudkan Indonesia Tumbuh.

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan senam sehat tersebut merupakan rangkaian peringatan Hari Kesatuan Gerakan PKK dalam mendorong pola hidup yang sehat dan aktif. “Dalam momentum ini yang didorong TP PKK Banten, mengajak masyarakat menerapkan pola hidup yang aktif,” ungkap Al Muktabar usai mengikuti Senam Sehat.

Dikatakan, dengan hidup yang aktif tentunya akan membuat tubuh sehat dan bugar. Setelah tubuh sehat dan bugar maka seseorang dapat berproduktif dalam kehidupan sehari-harinya. “Karena dengan aktif, kita akan produktif. Itu filosofinya kita mengkampanyekan hidup aktif,” katanya.

Selain mendorong pola hidup yang sehat dan aktif, Al Muktabar menuturkan TP PKK Provinsi Banten saat ini juga melakukan pendampingan kepada pelaku usaha binaan guna meningkatkan kemampuan para pelaku UMKM.

“Jadi Ini kolaborasi dengan segenap stakeholder, termasuk para pelaku UMKM, PKK juga mendorong agar pelaku usaha untuk dapat menggunakan dan tersambung pada toko digital,” imbuhnya.

“Hal itu juga berkolaborasi dengan Universitas Indonesia dalam melakukan pendampingan kepada para pelaku usaha,” sambungnya.

Sementara, Pj Ketua TP PKK Provinsi Banten Tine Al Muktabar menyampaikan PKK memiliki peran dalam membina para pelaku UMKM. Pembinaan bertujuan untuk meningkatkan ekonomi keluarga.

“TP PKK Banten bekerjasama dengan UI melakukan sekolah online sebagai pendampingan kepada pelaku usaha dalam proses bisnis, kurasi kemasan hingga pemasaran, khususnya pemasaran digital,” ujarnya.

Sehingga, Tine berharap dengan dilakukan pendampingan tersebut dapat meningkatkan kemampuan ketahanan ekonomi keluarga. “Dan diharapkan mampu mendukung perekonomian di Provinsi Banten dan Indonesia,” jelasnya.

Di tempat yang sama, salah satu Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Rambat Lupiyoadi menuturkan, adanya pembinaan kepada para pelaku UMKM dengan berbasis sekolah online tersebut dapat terjangkau secara luas. “Itu bisa menjangkau ke berbagai pelosok dengan adanya sekolah online yang digagas PKK,” tuturnya.

Bahkan, kata Rambat, selama pendampingan yang dilakukannya para pelaku UMKM sangat berantusias. Hal itu terlihat ketika mengerjakan tugas yang diberikan. “Mereka sangat antusias terbukti dari pengerjaan tugas,” tandasnya.

Sebagai informasi, kegiatan senam sehat diikuti pegawai Pemprov Banten. Selain senam sehat, TP PKK Provinsi Banten menggelar pameran UMKM dan pemeriksaan kesehatan yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Banten.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *