RSAW Kota Serang Gelar Workshop Kegawatdaruratan Mata

0

Editor In Chief : Hairuzaman.            Deputy Chief Editor : Prof. Dr. KH. Sutan Nasomal Tambunan, SH, MH, LLM, P.hD.

KOTA SERANG – Harianexpose.com |

Rumah Sakit Mata Achmad Wardi (RSAW) Kota Serang, Banten, menggelar kegatan workshop bertajuk “kegawatdaruratan mata”. Acara itu bertempat di Rumah Makan Cibiuk, Lingkungan Kelapa Dua, Kelurahan Kagungan, Kecamatan Serang , Kota Serang, pada Rabu (20/9/2023).

Salah seorang nara sumber Spesialis Mata, dr. Hafis, mengatakan,
selama kornea tidak terganggu, maka tidak ada lerusakan mata..Kadang-kadang akibat serangga dan partikel-partikel debu bisa menjadi penyebab kerusakan pada mata. Ada pula tidak ada keluhan. Namun, pandangan matanya menjadi kabur

“Kerusakan mata juga bisa ditimbulkan lantaran struktur mata. Penyebabnya ada luka robekan. Ada pula kerusakan mata akibat terkena suatu benda misalnya, mata kail pancing, pecahan beling dan yang lainnya,” tukasnya.

Menurut dr. Hafis, untuk prngobatannya sesuai dengan gejalanya pasien pada bola matanya. Misalnya obat anti biotik dan yang lainnya. Ada pula saluran bola mata yang harus diperbaiki katena mengalami kerusakan.

Sementara itu, data dari WHO menyebutkan, mata katarak merupakan kasus yang lebih tinggi. Banyak kasus kerusakan mata yang tidak bisa disembuhkan. Hal itu lantaran berada di daerah-daerah yang sulit untuk dijangkau oleh tenaga medis. Karena itu, kita akan melakukan pemberdayaan komunitas masyarakat.

Tampak hadir dalam kegiatan itu antara lain, Direktur RSAW Kota Serang, dr. Mutiara Purbani, Ketua Asosiasi Klinik Indonesia (Asklin) Kabupaten Serang, drg. Warih Anjari serta puluhan dokter klinik se-Kabupaten Serang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *