Dampak El Nino, Suhu Udara Tembus Angka 37 Derajat Celcius

0

Oleh : HAIRUZAMAN

(Penulis Buku dan Praktisi Pers)

Dampak El Nino saat ini tak sedikit wilayah yang mengalami kekeringan. Hal itu terjadi akibat kemarau yang berkepanjangan yang melanda Indonesia. Tak pelak lagi, sehingga banyak.masyarakat yang kesulitan untuk mendapatkan air bersih guna memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Sejauh ini akibat mengalami kekeringan dan krisis air bersih, pemerintah telah berupaya untuk mendistribusikan air bersih dengan mobil tangki ke beberapa titik daerah yang tengah kesulitan untuk mendapatkan air bersih.

Celakanya, akibat kemarau panjang berpengaruh pula terhadap perekonomian. Pasalnya, harga-harga sembako merangkak naik. Hal itu terjadi lantaran banyak lahan yang kekeringan. Sehingga tak sedikit petani yang mengalami gagal panen. Kondisi ini yang berdampak adanya kenaikan harga sembako di pasar.

Dampak buruk lainnya yakni adanya polusi udara. Dimana terjadinya polusi udara itu bisa menjadi bianglala penyakit. Sehingga kesehatan lingkungan pun menjadi terganggu. Selain itu, banyak pula lahan kosong yang mudah hangus terbakar. Sehingga dapat mengganggu lingkungan yang ada di sekitarnya.

Kemarau yang berkepanjangan saat ini memang belum berakhir. Kendati di beberapa daerah sudah mulai turun hujan. Namun, dengan intensitas curah hujan yang rendah. Sebab, berdasarkan data menyebutkan bahwa suhu udara sekarang ini sudah menembus pada angka 36ⁿ sampai 37ⁿ Celcius. Padahal jika dalam kondisi normal hanya berkisar antara 25ⁿ hingga 26ⁿ Celcius saja.

Sebagai konklusi dari tulisan ini diharapkan masyarakat harus menghemat penggunaan air. Karena ketersediaan air bersih sangat penting bagi kehidupan kita. Selain itu, dengan kondisi suhu udara yang panas saat ini hendaknya kita sering mengkonsumsi air putih yang cukup. Hal ini guna menghindari terjadinya dehidrasi pada tubuh kita akibat kekurangan minum air. **

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *