Berita Hoax Muncul Dari Pikiran dan Hati Yang Kotor

0

Reportase : Maman Suherman / Dade Ariyadi.                                                            Editor In Chief : Hairuzaman.            Deputy Chief Editor : Prof. Dr. KH. Sutan Nasomal Tambunan, SH, MH, LLM, P.hD.

KOTA SERANG – Harianexpose.com |

Berseliwerannya berita hoax menjelang Pemilu 2024 mendatang, saat ini sulit untuk dibendung. Hal itu terutama kita jumpai seperti dalam akun TikTok, Youtobe dan yang lainnya. Berita hoax itu muncul dari pikiran dan hati yang kotor yang memproduksinya.

Hal itu ditegaskan oleh Ketua Komisi I DPRD Provinsi Banten, Ahmad Jajuli, ketika memberikan materi dihadapan para Insan Pers yang tergabung dalam wadah Wartawan Pokja Banten, dengan mengusung tema “Cegah Hoax Pada Pemilu 2024”. Kegiatan itu digelar di Aula Diskominfo Banten, pada Jum’at (13/10/2023(

Menurut Jajuli, menjelang Pemilu 2024 ini kita temui pula penyakit bawaan demokrasi yakni oligarki, dinasti politik dan money politic. “Kita harus mencoba untuk melawan dan memerangi bawaan demokrasi tersebut,” tandasnya.

Sebenarnya, lanjut Jajuli, yang memproduksi berita hoax itu bukan media massa seperti, televisi, radio, koran dan media mainstream (media online). Akan tetapi, lebih kepada karakter pribadinya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Biro Administrasi Pimpinan dan Protokol Sekretariat Daerah Provinsi Banten, Beni Ismail, yang diwakili oleh Kusma, mengungkapkan, dalam media sosial sering adanya berita-berita bohong atau hoax. Namun, untuk media mainstream tingkat kepercayaan publik dinilai masih sangat tinggi. “Tingkat kepercayaan masyarakat masih terbilang tinggi terhadap media TV, radio, media cetak dan media online,” bebernya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *