Bedah Rumah TMMD Kodim 0602/Serang, Kubur Mimpi Buruk Rukiah

0

Reportase : Ahmadin.

Editor In Chief : Hairuzamsn.

SERANG – Harian Expose.com.|

Di sebuah Pos Ronda, yang terbuat dari bambu, tampak beberapa orang ibu tengah duduk santai sembari mengasuh anak-anak mereka yang masih kecil. Sementara itu. di seberang Pos Ronda, para petukang tengah sibuk bekerja merenovasi 5 unit Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) di Kampung Cisalak, Desa Bojong Pandan, Kecamatan Tunjung Teja, Kabupaten Serang, Banten.

Rukiah kini tampak terlihat tidak bisa berkata-kata, saat melihat rumahnya sudah tampak megah, setelah mendapatkan program sasaran fisik kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 yang dilaksanakan Kodim 0602/Serang, berlokasi di Kampung Cisalak, Desa Bojong Pandan, Kecamatan Tunjung Teja, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, pada Selasa (5/3/2024).

“Selama ini kami sekeluarga nyaris tak bisa tidur nyenyak. Khawatir rumah kami kebanjiran saat hujan turun di malam hari. Sebab, selama musim hujan ini rumah kami selalu terendam banjir lantaran atap rumahnya banyak yang bocor,” tukas Rukiah, dengan mata berkaca-kaca sambil menggendong anaknya yang masih kecil.

Tampak Rukiah, tengah memandang rumahnya yang tengah direnovasi oleh Satgas TMMD ke-119 Kodim 0602/Serang, pada Selasa (5/3/2024).  (Foto : Istinewa)

Ia menjelaskan, semua ini adalah anugerah yang diberikan Allah SWT, untuk keluarga kecilnya. Karena selama ini, jangankan untuk mengganti atap rumah yang rusak lantaran dimakan usia, untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari saja masih belum tentu terpenuhi. Pasalnya, suami Rukiah hanya seorang pekerja buruh harian lepas dan penghasilannya tak menentu.

“Alhamdulillah, melalui tangan prajurit TNI, Allah SWT telah memberikan sesuatu yang memiliki makna luar biasa. Tak ayal, sehingga tidak bisa dilupakan oleh keluarga kami sampai seumur hidup. Sebab, tak disangka rezeki yang begitu besar menghampiri kami. Hal ini setelah mendapatkan kabar dari Pemerintah Desa Bojong Pandan, rumah kami mendapatkan bantuan rehab Rumah Tidak Layak Huni, melalui program TMMD yang dilaksanakan Kodim 0602/Serang,” ungkapnya.

Rukiah mengungkapkan, memang sudah sekitar tiga bulan ini suami saya tidak mendapatkan pekerjaan lagi. Namun, setelah mendapatkan kabar gembira tersebut, sujud syukur kami panjatkan kepada Allah SWT. Saat ini, sudah sekitar 15 hari prajurit TNI/Polri dibantu warga, secara bergotong-royong melakukan rehab rumah kami.

“Sekarang melihat rumah yang dulu sering bocor apabila hujan turun, sudah berbanding terbalik seratus persen. Kendati saat ini belum selesai sepenuhnya, Akan tetapi bagi keluarga kami rumah yang direhab itu sudah sangat bagus,” terangnya sembari mengulum senyum.

Kini, mimpi butuk Rukiah pun mulai terkubur. Pasalnya, rumah yang didiaminya bersama keluarga kecilnya saat ini telah mwnjelma menjadi rumah idaman keluarganya. Rukiah pun tak perlu merasa gamang lagi, ketika ia tengah tertidur lelap,tiba-tiba rumahnya tergenang banjir. Akibat atap rumahnya bocor disana-sini.

Sementara itu, Komandan Pleton Satgas TMMD Kodim 0602/Serang, Letnan Dua Kav. Asep Agus Salim, menjelaskan, seluruh personel yang bertugas akan terus bekerja semaksimal mungkin. Hal itu agar sasaran non fisik rehab rumah bisa selesai tepat waktu. Namun, tetap memperhatikan standar bangunan dalam pengerjaannya.

“Tentunya semua merupakan salah satu bentuk kepedulian dari TNI, dalam mewujudkan kesejahteraan warga di bidang pembangunan tingkat pedesaan. Sehingga akan selalu tercipta kemanunggalan antara TNI dengan rakyat,” tukasnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *