Proyek Jaringan Irigasi di Cipining I Desa Cigorondong Diduga Dikerjakan Asal Jadi

0

Reportase : Sukri.                                Editor In Chief : Hairuzaman.

PANDEGLANG – Harian Expose.com.|

Proyek Rehabilitasi Jaringan Irigasi Daerah Irigasi (DI) Cipining I yang terletak di Desa Cigorondong, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten, diduga kuat dikerjakan asal-asalan.

Hal itu terbukti dari bahan material yang digunakan pada pasangan batu terlihat batu tersebut menggunakan batu alam atau berjaket. Padahal seharusnya proyek TPT tersebut batu andesit.

Tak hanya itu, dari para pekerja di lapangan juga terlihat tidak menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) untuk keselamatan kerja.

Diketahui, proyek rehabilitasi irigasi tersebut dikerjakan oleh CV. Langkah Awal Berkah yang menelan anggaran Rp.800 juta lebih dan bersumber dari DAK APBN Tahun 2024 melalui DPUPR Kabupaten Pandeglang.

Menurut warga Sumur, Roni Darma Renaldi, sekaligus sebagai Ketua Umum Suara Eksistensi Masyarakat Anti Rezim (SEMAR), pihaknya menyayangkan terhadap kegiatan proyek yang berada di Desa Cigorondong.

Menurut ia, proyek yang telah dikerjakan oleh CV.. Langkah Awal Berkah menggunakan batu yang berada di lokasi tersebut. Celakanya lagi, batu tersebut bulat dan kecil. Tak ayal, sehingga strength pada kegiatan itu diragukan.

“Kalau saya tak mempersoalkan batu itu didapat dari manapun. Hanya saja batu yang terpasang itu ukurannya kecil (bulat-bulat-red) dan masih berjaket tanah. Tak pelak, sehingga dipastikan kekuatan hasil proyek tersebut diragukan,” tegasnya.

Roni mendesak kepada pihak kontraktor dari CV.. Langkah Awal Berkah untuk menggunakan material batu yang berkualitas sesuai yang tertuang dalam rencana anggaran belanja.

“Saya minta kepada pihak kontraktor agar menggunakan batu material yang tertuang sesuai standar harga yang tertuang dalam rencana anggaran belanja,” pintanya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *