Pembangunan Desa Harus Kompak dan Libatkan Seluruh Elemen Masyarakat

0

 

Reportase : A. Abdurrochim S. / Yani Sumiati.

Editor In Chief : Hairuzaman

BANDUNG – Harianexpose.com |

Salah satu kunci keberhasilan dalam membangun desa ,tidak terlepas dari berbagai elemen dan melibatkan semua unsur masyarakat. Bahkan harus merangkul seluruh pihak yang terlibat dalam lembaga desa.

Termasuk badan Permusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD), Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Karang Taruna. Termasuk para Ketua RW maupun RT.

Hal itu dikatakan Tenaga Ahli Kabupaten (TAK), Hisap Mulya, kepada jurnalis harianexpose.com, beberapa waktu lalu. Hisap Mulya menegaskan, pembangunan desa tersebut bukan hanya kewenangan dan kewajiban kepala desa maupun BPD saja. Namun, perlu kerjasama dan kekompakan yang bertanggung jawab adalah semua elemen masyarakat.

“Perlu diingatkan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi), selaku kepala desa selain pelayanan adalah menyelenggarakan pembangunan desa dan pengembangan masyarakat desa. Kemudian pemberdayaan masyarakat desa ,serta melaksanakan tugas pemerintah,” tuturnya.

Di samping itu, urai Hisap, pihaknya berharap sesuai program dan visi misi Presiden Jokowi yakni membangun dari pinggiran, Membangun dari pinggiran itu kalau desanya membangun dengan kompak, berarti negara kita ikut serta.

Pada acara sosialisasi dan konsilidasi terkait pembangunan desa Pinggirsari, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung, beberapa waktu lalu, bertempat di Aula Desa Pinggirsari (27/24)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *