MTQ Tingkat Kabupaten Serang, Kecamatan Anyar Borong 34 Piala

0

Reportase : Babay Suiah.                      Editor In Chief : Hairuzaman.

SERANG – Harianexposr.com|

Kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kabupaten Serang Ke-54
Tahun 2024 di Pantai Florida Kecamatan Cinangka, yang digelar sejak Senin, 27 sampai Kamis 30 Mei 2024, resmi ditutup Bupati Serang, Hj. Ratu Tatu Chasanah.

Sementara itu, untuk Juara Umum diraih oleh Kafilah (Qori/Qoriah) dari Kecamatan Anyar, yang mendapatkan sebanyak 34 piala.

Keputusan pengumuman pemenang itu dibacakan langsung oleh Ketua Dewan Hakim Muhamad Amin, melalui Surat Keputusan Dewan Hakim MTQ ke 54 Kabupaten Serang nomor 03/DH-MTQ-54/V/2024, Kamis 30/05/2024

Berikut perolehan 12 besar masing-masing Kecamatan antara lain :
1. Kecamatan Anyer = 34 Piala
2. Kecamatan Jawilan = 31 Piala
3. Kecamatan Kibin = 30 Piala
4. Kecamatan Kramatwatu = 29 Piala
5. Kecamatan Tanara = 28 Piala
6. Kecamatan Cikeusal = 27 Piala
7. Kecamatan Tirtayasa = 27 Piala
8. Kecamatan Bandung = 26 Piala
9. Kecamatan Padarincang = 26 Piala
10.Kecamatan Mancak = 22 Piala
11. Kecamatan Tunjung Teja = 17 Piala
12. Tuan Rumah Kecamatan Cinangka =
memperoleh 12 Piala

Pada kesempatan itu, Tatu Chasanah mengungkapkan, Kabupaten Serang akan fokus memberikan pembinaan kepada para juara MTQ tersebut untuk dikirim ke ajang MTQ tingkat Provinsi Banten pada Juli 2024 mendatang. Bupati berharap di ajang MTQ Tingkat Provinsi Banten, Kabupaten Serang bisa masuk tiga besar.

”Kita tetap semangat terus karena intinya kita berharap ajang MTQ ini merupakan penyemangat untuk kita semua mempelajari Al-Qur’an. Kita membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar serta mempelajari isinya. Selanjutnya dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari hari,” ujarnya kepada wartawan.

Dikatakan Tatu, kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kabupaten Serang Ke-54 intinya mengimani isi Al-Qur’an sebagai pedoman hidup agar selamat di dunia dan akhirat. ”MTQ ini merupakan ajang,” ucapnya.

Terkait upaya untuk meraih prestasi tertinggi di MTQ Banten, Tatu mengatakan, karena pelaksanaan MTQ Kabupaten Serang di akhir dirinya tetap semangat dalam memberikan pembinaan kepada qori qoriah. Karena yang terpenting adalah syiar Islam, syiar Alquran terus dilakukan kepada masyarakat.

Tatu selalu berharap dan menyampaikan kepada semua ponpes di Kabupaten Serang agar punya qori qoriah dari anak anak Kabupaten Serang. ”Ponpes di Kabupaten Serang yang cukup banyak ini bisa berbagi tugas melatih dan lebih fokus dalam pelatihannya,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Sugihardono, Ketua Umum LPTQ Kabupaten Serang yang juga selaku Plt Asda I Pemkab Serang, menambahkan, tantangan yang terdekat dari gelaran MTQ Kabupaten Serang adalah MTQ Tingkat Provinsi Banten yang akan diikuti delapan kabupaten kota, oleh karenanya melalui MTQ ke 54 Kabupaten Serang ini dijadikan ajang gladiresik untuk memilih kafilah terbaik.

”Alhamdulillah, dari jumlah 971 peserta semuanya ikut sampai tuntas dan melalui seleksi ketat para dewan hakim Alhamdulillah hasil pleno tadi pagi sampai berakhir jam 10 telah menghasilkan juara satu, yaitu Anyer, kedua Jawilan ketiga Kibin,” ujarnya.

Menurut ia, kualitas peserta merata di 29 kecamatan. Dimana masing-masing kecamatan mendapat juara 1-3 tersebar di 29 kecamatan. Hal tersebut menjadi penyemangat bagi santri di ponpes, dimana setelah ini Bupati Serang menginstruksikan agar langsung dilakukan pembinaan pada semua ponpes di Kabupaten Serang.

”Tujuannya supaya semua kafilah nantinya benar benar terbina dari awal sehingga saat diperlukan even baik tingkat kabupaten, provinsi bahkan nasional nanti Kabupaten Serang selalu mengirim kafilah terbaiknya,” ucapnya.

Ia mengaku optimistis akan mendapatkan prestasi terbaik minimal tiga besar di ajang MTQ Banten. Sebab MTQ Banten adalah ajang membanggakan sehingga pihaknya ingin meraih yang terbaik. Menurut dia meski ada keterlambatan penyelenggaraan MTQ Kabupaten Serang, sehingga beberapa kafilah terbaik sudah mewakili daerah lain.

”Sehingga ini jadi tantangan tersendiri insyallah kita bina langsung dari gelaran MTQ Kabupaten Serang. Bukan hanya juara satu tapi juara 1, 2, 3 dan yang peringkat ke 4 pun akan dibina siapa tahu pada saatnya dia bisa menyamai yang juara satu bahkan mengungguli,” katanya.

Camat Anyar, H. Imron Ruhyadi mengaku bersyukur pada MTQ ke 54 Kabupaten Serang, Kecamatan Anyar berhasil meraih prestasi Juara Umum. “Saya berterima kasih kepada masyarakat Anyar, khususnya pihak Pemdes, kafilah, Tim official dan LPTQ yang sudah kompak dan berjuang keras. Sehingga pada MTQ ke-54 Kabupaten Serang, tahun 2024, Kecamatan Anyar berhasil meraih prestasi Juara Umum,”. bebernya.

Lebih lanjut Camat Anyar, Imron Ruhyadi menyatakan, kafilah Qori Qoriah dari Kecamatan Anyar mengaku sudah siap mewakili Kabupaten Serang untuk pelaksanaan kegiatan pada
MTQ Tingkat Provinsi Banten bulan Juli 2024 mendatang,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *