Mengintip Program Kotaku di Kelurahan Suka Jaya, Rubah Lingkungan Kumuh

0

Serang, Harianexpose.com

Program Kotaku merupakan salah satu program aspirasi yang diperjuangkan oleh oleh H. Tubagus Haerul Jaman sebagai anggota DPR-RI Komosi V dari Dartah Pemilihan (Dapil) Banten II.

Diketahui, program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) adalah salah satu upaya strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk akselerasi penanganan permukiman kumuh .

Realisasi program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Kota Serang, tidak lepas dari hasil perjuangan anggota Komisi V DPR-RI, H. Tubagus Haerul Jaman.
pada tahun 2021. Tercatat ada lima kelurahan di Kota Serang yang mendapatkan alokasi program Kotaku yang dikerjakan secara Padat Karya antara lain, Kelurahan Sukajaya, Serang, Sumur Pecung, Banjarsari dan Margaluyu.

Mantan Walikota Serang dua periode ini mengharapkan Kota Serang tidak memiliki wilayah kumuh lagi. Program Kotaku bisa dilakukan dengan cara memperbaiki drainase, perbaikan jalan di kampung yang berada di gang-gang.

Sementara itu, tujuan besar program ini ialah dalam rangka menciptakan kualitas pemukiman yang lebih baik, dan untuk melaksanakan program ini dibutuhkan kolaborasi semua pihak dalam hal membangun serta harus bersinegi antara pelaku pelaksana.

Dengan kondisi saat ini program padat karya diharapkan mampu menciptakan peluang ekonomi bagi masyarakat terdampak. Yakni peningkatan penghasilan warga melalui rekruitmen tenaga kerja serta peningkatan daya beli masyarakat setempat.

Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Mandiri Jaya, Kelurahan Suka Jaya, Kecamatan Curug, Kota Serang, Banten, saat ini tengah menggarap kegiatan Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) tahun anggaran 2021.

Sementara itu, program yang digelontorkan oleh Kementerian Pelerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Direktorat Jendral Cipta Karya, tersebut menggarap program Kotaku antara lain, jalan Paving Block, Drainase U-Dith, TPT, SAB, Hotmix, Gerobak Sampah, Gapura, RTH dan Vertical Garden.

“Niat saya sebetulnya ingin membangun. Sehingga manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat,” kata Ketua BKM Mandiri Jaya, Kelurahan Suka Jaya, Kecamatan Curug, Kota Serang, Pian, pada Selasa (13/7).

Menurut Pian, program Kotaku sangat dibutuhkan oleh masyarakat di Kelurahan Suka Jaya. Sehingga dapat merubah lingkungan yang semula tampak kumuh kini menjadi asri dan indah.

Reporter : H.  Maswi.

Editor In Chief : Hairuzaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *