Petani di Kelurahan Margaluyu Menjerit, Panen Padi Gagal Diserang Hama

0

KOTA SERANG, Harianexpose.com

Petani di Kampung Batu Amben,  Kelurahan Margaluyu, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Banten, menjerit. Pasalnya, pada musin tanam tahun 2021 ini areal persawahan milik para petani mengalami gagal panen (fuso).

Tercatat, sekitar 4 sampau 6 hekatre lahan padi di Kampung Batu Amben,  Kelurahan Margaluyu, Kecamatan Kasemen, mengalami fuso. Hal itu lantaran areal lahan padi di wilayah itu diserang hama. Tak pelak, sehingga para petani pada musim panen tahun ini harus gigit jari.

Salah seorang anggota Kelompok Tani (Poktan) Kampung Batu Amben, Kelurahan Margaluyu, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, yang tak mau disebut jati dirinya, Minggu (10/10/2021), mengatakan, luas areal lahan padi yang mengalami gagal panen itu tercatat sekitar 4 sampai 6 hektare lebih. Sedangkan untuk petani yang lain hasil panennya kurang begitu menggembiraakan. Hanya menghasilkan panen sekitar 3 sampai 4 ton per hektarenya.

Karena itu, sambung dia lagi, para petani berharap agar Dinas Pertanian Kota Serang maupun instansi terkait lainnya turun langsung ke lokasi agar mendata lahan sawah yang mengalami fuso lantaran serangan hama padi. Bahkan,  sebagian petani yang panen hasilnya kurang memuaskan pada musim tanam tahun 2021 ini

Reportase : Pantjer Widodo.

Editor In Chief : Hairuzaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *