Di Kecamatan Anyer, Pilkades Damai Dideklarasikan

0

SERANG, Harianexpose.com

Terkait Pemungutan Suara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di wilayah Kabupaten Serang, pada Minggu 31 Oktober 2021,para calon Kepala Desa yang ada di Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, menggelar rapat koordinasi dan deklarasi damai serta penanda tanganan Memorandum of Understanding (MoU). Kegiatan itu bertempat di Aula Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Anyer, Selasa (26/10/2021).

Tampak hadir dalam kegiatan itu antara lain, Kabag Log. Polres Cilegon AKP Yudi Permana SH, Kapolsek Anyer AKP Sudibyo Wardoyo SH, Danramil Anyer Kapten Inf. Gunadi, Camat Anyer Drs. Khairil Anwar M.Si, Ketua PPK Anyer Bakhtiar Rida’i S.Pd, MH, Kasi Tapen Kecamatan Anyer Munimi S.Pd, para Plt. Kepala Desa yakni Kosambi Ronyok, Cikoneng, Banjarsari dan Tanjungmanis, 17 Calon Kades se-Kecamatan Anyer, Ketua PPD di 4 desa yang melaksanakan Pilkades serta para Ketua BPD.

Ketua PPK Anyer, Bakhtiar Rifa’i, mengatakan, tujuan kegiatan ini terutama bagi para calon Kades yang ikut berkompetisi agar pelaksanaan Pilkades Kabupaten Serang tahun 2021, dapat berjalan dengan aman, damai dan sejuk, terutama di Kecamatan Anyer pada Minggu, 31 Oktober 2021.

Menurut Bakhtiar, terkait hal tetsebut, maka pada hari ini akan dibuat Memorandum of Understanding (MoU) dalam Pakta Integritas bagi para calon Kades. “Kami berharap dalam pelaksanaannya agar tetap menjaga Prokes Covid-19. Bagi warga yang belum divaksin agar melaksanakan vaksinasi.

Camat Anyer, Drs. Khairil Anwar, M.Si, menuturkan, kita berkumpul disini tak lain guna mempersiapkan terkait pemungutan suara Pilkades pada Minggu, 31 Oktober 2021. Dimana untuk wilayah Kecamatan Anyer tercatat sebanyak 4 desa yakni, Desa Kosambi Ronyok, Cikoneng, Banjarsari dan Tanjungmanis.

Khairil mengungkapkan, tahapan Pilkades telah dilaksanakan pada Juni, Juli dan Agustus 2021. Namun, sempat ditunda akibat adanya kenaikan kasus Covid-19. “Alhamdulillah, waktu yang di nanti terkait hari pemungutan suara sesuai arahan dari Pemerintah Kabupaten Serang, pada Minggu 31 Oktober 2021.

Ia menambahkan, sesuai arahan dari Panitia Pemilihan Kabupaten bahwa pelaksanaan Pilkades harus tetap menjaga Prokes Covid-19 serta syaratnya harus vaksin. Alhamdulillah, pada 13-15 Oktober telah dilaksanakan vaksin di Desa Cikoneng, Tanjungmanis, Kosambi Ronyok dan Banjarsari.

“Untuk logistik surat suara dan lainnya sudah ada di gudang Kecamatan Anyer.  Dimana rencananya pada Sabtu, 30 Oktober 2021 logistik Pilkades akan digeser ke masing-masing PPD dengan pengawalan dari Polsek dan Koramil Anyer,” terangnya.

Kabag Log. Polres Cilegon, AKP Yudi Permana SH, menyatakan, pesan dari Kapolres Cilegon, kami selaku aparat keamanan baik Polri maupun TNI akan tegak lurus tidak ikut atau terlibat dalam pusaran politik, khususnya dalam Pilkades ini.

“Kami harapkan kepada para calon Kades agar pelaksanaan Pilkades berjalan aman, damai dan sejuk. Jangan melakukan tindak pidana atau pelanggaran seperti, serangan fajar bagi-bagi amplop dan jangan mendirikan tenda-tenda di TPS,” kilahnya.

“Silahkan berkompetisi secara sportif bagi calon Kades yang menang agar tidak euphoria dan kepada yang kalah agar lapang dada. Jadikan Pilkades ini sebagai ajang untuk membangun desa agar lebih baik dan maju serta mensejahterakan masyarakat,” tandas Yudi.

Danramil Anyer, Kapten Inf. Gunadi,  memaparkan, tidak banyak penyampaian dari saya tolong jaga keamanan dan kondusifitas di wilayah Anyer ini. Dimana pelaksanaan Pilkades hanya 4 desa. Kepada para calon silahkan berkompetisi dengan sehat dan sportif.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan Deklarasi Pilkades Damai yang dibacakan oleh salah satu calon Kades Ida Faridatul Hafidoh, yang diikuti oleh para Calon Kades.

Kemudian usai pembacaan deklarasi damai dilanjutkan dengan penanda tanganan Pakta Integritas oleh masing-masing calon Kades dan disaksikan unsur Muspika Anyer yakni, Camat, Kapolsek dan Danramil.

Reportase : Sudana Sukanta.

Editor In Chief : Hairuzaman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *