Mengintip Operasi Zebra Maung 2021 di Polda Banten

0

KOTA SERANG, Harianexpose.com – –

Polda Banten secara resmi melaksanakan operasi kewilayahan dengan sandi Operasi Zebra Maung 2021 sejak Senin (15/11). Operasi ini mengedepankan kegiatan edukatif, persuasif dan humanis untuk meningkatkan disiplin masyarakat berlalu lintas serta protokol kesehatan.

“Operasi dilakukan untuk cipta kondisi mewujudkan Kamseltibcar lantas menjelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2021 di tengah pandemi Covid-19. Selain itu guna menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas,” kata Kabidhumas Polda Banten, Akbp Shinto Silitonga.

 

Sebanyak 440 personil dilibatkan dalam operasi ini. Diorganisasikan dalam 4 Satgas yaitu, Satgas Lidik, Satgas Preemtif, Satgas Preventif dan Satgas Bantuan Operasi atau Banops. “Bentuk kegiatan tiap Satgas berbeda. Namun, berhubungan satu dengan yang lain. Sehingga tujuan organisasi tercapai,” kata Shinto.

Satgas Lidik bertugas untuk melaksanakan deteksi dini, penyelidikan dan pemetaan terhadap lokasi yang rawan kemacetan, rawan pelanggaran juga kecelakaan serta potensial terhadap penyebaran Covid-19. Satgas Binluh wajib memberikan penyuluhan, sosialisasi tentang kamseltibcar lantas juga penanganan Covid-19 melalui berbagai media, baik media massa juga media sosial, serta spanduk, banner, baliho, pamflet dan media informasi publik lainnya. Satgas Preventif bertugas untuk melaksanakan edukasi dan membangun disiplin masyarakat untuk patuh serta tertib dalam berlalu lintas juga disiplin dalam protokol kesehatan, Sehingga dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Terakhir, Satgas Banops bertugas untuk mendukung rangkaian operasi dalam diseminasi informasi, dokumentasi, pelayanan kesehatan seta dukungan alat komunikasi internal kepolisian. “Semua Satgas dipimpin oleh perwira menegah yang kompetitif dan komunikatif.” tegas Shinto.

Operasi Zebra Maung 2021, akan berlangsung selama 14 hari hingga 28 November 2021. “Mari berpartisipasi aktif dalam operasi ini dengan disiplin prokes dan menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas,” himbau Shinto Silitonga.

Diketahui, pada Senin (15/11) Polda Banten, telah melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Zebra Maung 2021 di lapangan apel Polda Banten. Adapun apel gelar pasukan tersebut dipimpin oleh Wakapolda Banten, BJP Ery Nursatari.

Adapun tujuan dari Operasi Zebra Maung 2021 ini untuk memberikan situasi lalu lintas yang aman, tertib dan lancar pada lokasi rawan kecelakaan, kemacetan serta meningkatkan ketertiban, kepatuhan dan kedisplinan masyarakat dalam berlalu lintas.

Reportase : Ahmadin.

Editor In Chief : Haiaruzamam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *