Berburu Kuliner di Bulan Suci Ramadhan

0

Oleh : HAIRUZAMAN.
(Praktisi Pers dan Komisi Infokom MUI Banten)

Bunyi surat Al Baqarah ayat 183 :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ – ١٨٣

Arab-latin : yā ayyuhallażīna āmanụ kutiba ‘alaikumuṣ-ṣiyāmu kamā kutiba ‘alallażīna ming qablikum la’allakum tattaqụn.

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”. (QS. Al-Baqarah : 183).

Berdasarkan bunyi surat Al-Baqarah ayat 183, tersebut di atas, maka puasa ramadhan merupakan suatu ibadah yang hukumnya wajib untuk dilaksanakan bagi umat muslim di seluruh penjuru dunia. Baik itu bagi kaum laki-laki maupun perempuan.. Tak ayal lagi, sehingga seluruh umat muslim di belahan dunia, menyambutnya dengan segala suka cita datangnya tamu Allah SWT yang sangat mulia dan dirindukan tersebut. Ibadah puasa ramadhan juga merupakan rukun Islam yang ketiga yang wajib dikerjakan.

Tak terasa bulan suci ramadhan 2022 Masehi atau bertepatan dengan 1443 Hijriyah sudah berada di pelupuk mata. Seluruh umat Islam di Indonesia, bahkan dunia menyambutnya dengan suka cita bulan yang sangat mulia tersebut. Pasalnya, bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh keberkahan, rahmat dan ampunan guna melebur semua salah dan dosa yang pernah kita lakukan.

Di wilayah Kota Serang, Banten, misalnya, pada saat bulan suci ramadhan nyaris semua masjid dan musholla penuh dengan aktifitas bernuansa religius. Selain melaksanakan shalat fardhu, malam harinya umat muslim juga mengerjakan shalat Tarawih berjema’ah. Setiap malam kita pun mendengarkan lantunan ayat-ayat suci Al-Qur’an yang begitu merdu terdengar di telinga.

Tentu saja semua umat muslim tak mau menyia-nyiakan kesempatan itu guna melaksanakan perintah Allah SWT di bulan suci ramadhan. Mulai dari melaksanakan shalat Tarawih berjema’ah, ithikaf, berdzikir dan Tadarus Al-Qur’an pada setiap setiap kesempatan. Sehingga kita pun berharap agar semua dosa-dosa yang pernah dilakukan akan mendapatkan ampunan dari Allah SWT untuk menuju ke jannah-Nya.

Selama bulan suci ramadhan sambil “ngababurit” ternyata ada tradisi menarik bagi masyarakat Kota Serang dan sekitarnya. Biasanya, sambil menunggu bedug maghrib tiba, masyarakat berburu berbagai makanan khas Banten pada bulan suci ramadhan. Sebut saja seperti, ketan bintul, cuwer, apem, otak-otak, sate bandeng, dan makanan khas Kota Banten lainnya. Ketika berburu makanan khas bulan ramadhan itu, masyarakat pun rela untuk mengantre dan berdesak-desakan

Lokasi favorit di Kota Serang yang dijadikan tempat untuk berburu makanan khas puasa ramadhan serta berbagai kuliner itu biasanya di bilangan Pasar Lama. Uniknya, dari sekian banyak makanan khas untuk berbuka puasa, biasanya ketan bintul menjadi buruan utama bagi masyarakat. Bahkan ketan bintul menjadi makanan favorit bagi masyarakat di Kota Serang, Banten. Apalagi ketan bintul itu hanya bisa dijumpai selama bulan suci ramadhan saja. **

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *