Bupati Bandung Sambut Hangat Kunker Komnas Disabilitas

0

Bandung. Harianexpose.com –

Bupati Bandung, H. Dadang Supriatna SIP, MSi, menyambut hangat atas kunjungan kerja (Kunker) Komisi Nasional (Komnas) Republik Indonesia, di rumah dinas Bupati Bandung, llnk Komplek Pemda Soreang, pada Jum’at (14/05/2022).

Tampaj hadir Bupati Bandung, H. Dadang Supriatna SlP, MSi, Ketua Komnas Disabilitas RI, Dante Maria, anggota komisioner, Jona Amandamanik, sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) termasuk Dinkes, Dindik, Disnaker, Ketua Komnas beserta jajarannya dan sejumlah awak media elektronik maupun cetak. Acara berjalan kondusif dan lancar.

Dalam kesempatan itu, Bupati Bandung menyatakan, dengan hadirnya Komnas Disabilitas RI ini bisa memberikan gambaran dan pencerahan, terutama kepada para penyandang disabilitas,yang ada di wilayah Kabupaten Bandung. Selain itu, bisa dioptimalkan sesuai UU Nomor 8 tahun 2016 ,tentang Hak Disabilitas.

Kunker tersebut menjadi sebuah motivasi dan pendorong, bagi kedua belah pihak. Bupati Bandung berharap semoga apa yang disampaikan Komnas Disabilitas bisa terealisasi terutama hak-hak bagi penyandang disabilitas.

Ketua Umum Komnas Disabilitas RI, Dante Maria, ketika dikonfirmasi Harianexpose.com, di sela-sela acara menjelaskan, kehadiran pihaknya merupakan,tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Komnas Disabilitas dibawah naungan untuk melaksanakan kunker di seluruh kabupaten/kota yang ada di wilayah Indonesia.

Pihaknya merasa bersyukur dan merupakan suatu kebahagiaan bahwa kunker Komnas disabilitas RI, sangat direspons dengan tangan terbuka oleh Bupati Bandung, H. Dadang dan seluruh OPD Pemda Kabupaten Bandung. Bahkan menjadi sebuah terobosan dan pencerahan khusunya bagi Pemkab. Bandung.

Dante menguraikan, pihaknya dalam melakukan kunker tersebut mendahulukan beberapa kota maupun kabupaten. Karena kunker tersebut secara nasional sebanyak 34 provinsi dari 416 kabupaten dan 98 kota termasuk Kabupaten Bandung. Di Jawa Barat sendiri jumlah penyandang disabilitas itu paling tinggi.

hal ini,,berdasarkan dan sesuai amanat peraturan presiden (perpres) nomer 68 tahun 2020.tentang Komnas disabilitas ,pihaknya melakukan diantaranya pemantauan,monitoring ,evaluasi Kemudian advokasi dan juga kerjasama,intinya kehadirannya Komnas tersebut, jelas Dante, dalam rangka meninsiasikan, kami melakukan sosialisasi advokasi diantaranya sosialisasi dan edukasi.

Pihaknya sekaligus melakukan konsulidasi kepada seluruh mitra di antaranya, organisasi masyarakat dan termasuk Pemda, kab/kota serta seluruh organisasi penyandang disabiltas khususnya.

“Semoga ke depan ,sesuai mandat UU Nomor 8 tahun 2016.terhadap pembentukan Komnas bahwa upaya penghormatan, pelindungan hak penyandang disabilitas itu bisa terlaksana dengan baik oleh semua pihak dan mengikuti bagaimana hak penyandang disabilitas sama mengikuti pada umumnya.yaitu sekitar 20 hak bagi penyandang disabilitas,” bebernya.

Reportase : A. Abdurrochim S.

Editor In Chief : Hairuzaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *