Pasca Penanaman Ribuan Mangrove, Kodim 0602/Serang Gelar Patroli di Pesisir Pantai

0

SERANG, Harianexpose.com – –

Rangkaian Kegiatan Sail and Touring Sekeseler Siliwangi yang digelar sejak 10 hingga 19 Juni 2022 lalu dari pesisir pantai Cirebon sampai Pangandaran dalam rangka HUT ke-76 Kodam III/Slw, diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya, vaksinasi, pembagian sembako, pengobatan massal, UMKM dan pelestarian lingkungan.

Sejalan dengan pencanangan pelestarian lingkungan oleh Presiden RI, Joko Widodo, pada saat Peresmian Persemaian Rumpin di Kabupaten Bogor, Jum’at (10/6/2022) yang lalu, Sail and Touring Sekeseler Siliwangi menggelar gebyar penanaman pohon Mangrove di setiap pesisir pantai wilayah Kodim yang disinggahi. Salah satunya penanaman pohon Mangrove di pesisir pantai Karangantu, Kelurahan Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, dipimpin langsung Danrem 064/MY, Brigjen TNI Yunianto.

Sebanyak 1 000 pohon Mangrove berhasil ditanam di pesisir pantai Karangantu oleh Danrem beserta rombongan Touring, aparat Pemerintah Daerah, berbagai elemen masyarakat, serta warga masyarakat setempat.

Hal tersebut disampaikan Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) III/Siliwangi, Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto, ketika dikonfirmasi melalui telepon, pada Sabtu (25/6/2022).

Lebih lanjut ia mengatakan, menindaklanjuti pasca penanaman pohon Mangrove, Dandim 0602/Serang Kolonel Inf. Susilo S.Sos. selaku penanggung jawab, melakukan pengawasan dengan cara patroli di kawasan pesisir pantai Karangantu yang baru ditanami pohon Mangrove tersebut, agar pohon aman dan tetap hidup. Dalam pelaksanaannya dilakukan oleh personel Koramil 0602-02/Kasemen dan Staf Ter Kodim Serang serta bekerjasama dengan Kampus Politeknik AUP (Ahli Usaha Perikanan) Kasemen Serang.

Salah satu warga Kasemen, Margono. mengungkapkan, pihaknya kini merasa aman karena adanya harapan. Dengan tumbuhnya ribuah pohon Mangrove di sepanjang pesisir pantai Karangantu dimana ia tinggal, tidak akan terjadi abrasi dan bencana alam lainnya.

Hal senada dikatakan Camat Kasemen, Kota Serang, Ahmad Nuri S.H., M.Si., Menurut ia, pihaknya sebagai Camat tentunya merasa senang sekaligus tenang. Pasalnya, dengan ditanaminya ribuan pohon Mangrove di wilayahnya akan terhindar dari bencana alam. Selain itu, ketersediaan sumber daya ikan di laut tidak akan habis. Sehingga perekonomian masyarakatnya meningkat. Sekaligus membantu mendapatkan air bersih dan udara yang segar.

“Saya atas nama pribadi dan Camat Kesemen, Kota Serang, mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga kepada TNI, khususnya Bapak Danrem 064/MY dan Bapak Dandim 0602/Serang serta semua pihak terkait atas terselenggaranya kegiatan rangkaian Sail and Touring Sekesler Siliwangi berkenan melaksanakan penanaman pohon mangrove di wilayah Kecamatan Kasemen yaitu di sepanjang pesisir pantai Karangantu, semoga apa yang telah dilakukan menjadi amal ibadah,” ucapnya. (Hrz/Red).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *