Desa Giri Mekar Bangun Kantor Bumdes dari ADD

0

Reportase : A. Abdurrochim S. / Yani Sumiati –  Editor In Chief : Hairuzaman

BANDUNG, Harianexpose.com –

Pemerintah Desa (Pemdes) Giri Mekar, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, saat ini tengah giat melakukan pembangunan kantor Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). yang dananya bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD) tahun anggaran 2022.

Dengan adanya Bumdes tersebut, nantinya dari seluruh potensi yang ada di Desa Giri Mekar, akan bermuara kepada Bumdes. Tak ayal, sehingga dalam konteks pengelolaan maupun kegiatan lembaga yang ada di Desa Giri Mekar akan diarahkan pada satu titik. Sehingga yang mengelola nantinya pihak Bumdes.

Sekretaris Desa Giri Mekar, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung, Aceng, sekaligus mewakili Kepala Desa Giri Mekar, Wahyudin, mengungkapkan, terkait Desa Giri Mekar, Alhamdulillah saat ini sudah mendekati memasuki kategori desa mandiri. Hanya saja ada beberapa kriteria yang masih belum diselesaikan.

Sementara itu Ketua Bumdes Desa Giri Mekar, H. Nandang Sudrajat, ketika dikonfirmasi awak  media Harianexpose.com, menjelaskan, terkait manfaat dari Bumdes, cukup besar apabila dibandingkan dengan lembaga lainnya yang ada di desa

Adapun ketersediaan di Bumdes tersebut, imbuh Nandang, sangatlah terbatas sesuai anggaran maupun modal. Kendati begitu, sekecil apapun modal yang dimiliki, kami tak akan menyerah. Pasalnya, prinsip kita mengelola dari yang kecil hingga menjadi besar.seperti, mulai dari  jajanan ringan dan seluruh alat kantor. Bahkan sampai jasa pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), listrik maupun pembayaran PDAM sudah tersedia.

“Bahkan untuk ke depan akan direncanakan seluruh para pengelola sawah (petani-red), akan dirangkul menjadi bagian dari Bumdes. Karena petani juga di anggap merupakan asset yang besar dari seluruh potensi yang ada di Desa Giri Mekar. Sehingga bisa tercover semua dan dapat menambah income bagi Bumdes,” bebernya

“Bahkan dari semua kebutuhan para petani sudah tersedia, Sehingga para petani tidak akan merasa kesulitan saat mereka membutuhkan perlengkapan pertanian, baik itu berupa pupuk maupun kebutuhan pertanian yang lainnya,”  terangnya.

,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *