Tim Kerja Komitmen Bersama Adakan Kunjungan Kerja ke Perhutani Kabupaten Pandeglang

0

PANDEGLANG. Harianexpose.com

Tim Kerja Komitmen Bersama MUI Provinsi Banten, Perhutani dan DLHK Banten, mengadakan kunjungan lapangan untuk program perhutanan sosial di wilayah Perhutani di Kabupaten Pandeglang, pada Rabu (27/7/2022).

Hadir dalam kunjungan lapangan iti antara lain, Ketua Umum MUI Provisni Banten, KH. Tb. Hamdi Ma’ani Rusydi, Koordinator Tim Kerja, H. Mas Muis Muslich, Dr. H. Rustamunadi, Wakil ADM Banten Barat, Tarsidi, Kasi PSDH dan Kemitraan Prodektif, Yusdiawan, Dinas LHK Provinsi Banten yang di wakili oleh Kabid Perencanaan dan Pemanfaatan Hutan, Iwan Hermawan, Kasi Analisis Kebijakan, Heri Rahmat Isnnaen, serta unsur lapangan lainnya.

Sementara itu. Kasi PSDH dan Kemitraan Prodektif Perhutani, Yusdiawan, mengatakan, untuk kunjungan lapangan yang kedua ini bertempat di Perhutani Penimbunan Kayu (TPK) Cibaliung Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Cibingbin, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Cikeusik, yang ikut masuk wilayah administratif Desa Cibaliung, Kecamatan Cibaliung, Kabupaten Pandeglang.

Menurut Yusdiawan, sedangkan untuk lahan basah (sawah) lebih kurang seluas 120. hektare yang berlokas di petak 47 RPH Cikeusik, BKPH Cikeusik, Kecamatan Cikeusik, Kabupaten Pandegalang, serta tempat pembibitan Jati Plus Perhutani (JPP).

Ia menguraikan, Perhutani sebagai BUMN mengelola kawasan hutan negara pada kawasan hutan lindung dan hutan produksi seluas 87 % hutan lindung 13 % dari total 79.484,45 hektare yang tersebar di Kabupaten Pandeglang 43 %,, Kabupaten Lebak 47 %, Kabupaten Tangerang 2 % , Kabuoaten Serang 7 %  dan Kota Cilegon 1 %,

Tim Komitmen Bersama (Perhutani, DLHK dan MUI Banten) sepakat terkait dengan perlindungan kawasan hutan negara dan asset Perhutani sesuai dengan fungsi hutan yang berfungsi sesuai dengan ekologi (lingkungan), ekonomi dan sosial yang tidak dapat terpisahkan dalam pengelolaan hutan.

Meningkatkan produk hasil hutan bukan kayu pada lahan basah yang menjadi penopang masyarakat desa hutan dalam pengelolaan melalui pembinaan pemberdayaan dan fasilitas terhadap Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) yang berjumlah di Provinsi Banten tercatat sebanyak 204 desa hutan. Ssekaligus bermitra dengan Perhutani KPH Banten untuk hutan lestari masyarakat sejahtera dengan sistem perhutanan sosial.

Pembinaan pemberdayaan dan fasilitasi oleh Tim Komitmen Bersama yang selanjutnya akan dilakukan secara bertahap dengan dukungan dari Dinas LHK Provinsi Banten.

Ketua Umum MUI Banten, KH. Tb. Hamdi Ma:ani Rusydi, mengungkapkan. terkait hasil produksi padi pada areal sawah di kawasan Perhutani sebenarnya masih bisa dimaksimalkan hasilnya. Misalnya, melalui pemakaian pupuk dan adanya pelatihan bagi para petani penggarap.

Koordinator Tim Komitmen Bersama Perhutanan Sosial, H. Mas Muis Muslich, menjelaskan. pihaknya merasa optimis guna memberdayakan kelompok tani dan masyarakat sekitar di areal kawasan Perhutani di Kecamatan Cibaliung. Kabupaten Pandeglang. agar lebih produktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *