Desa Sindangheula, Potret Kampung Bersih Lan Aman

0

Reportase : Silmi – Editor In Chief : Hairuzaman.

SERANG, Harianexpose.com

Pemerintah Desa Sindangheula, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, Banten, saat ni tengah mengadakan kegiatan penilaian Lomba Kampung Bersih Lan Aman (LKBA) yang dilaksanakan di RW/02- yang meliputi di empat titik. Satu di RT.04/RW.02 Kampung Jelupang Kulon. Sedangkan tiga titik lagi di RT.06/RW.02 Kampung Beluwen dan RT.07/RW.02 Kampung Benua Kidul dan RT.03/RW.02.

Hal itu diuraikan Kepala Desa Sindangheula, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, Suheli, S.Kom.i. pada Minggu (14/8). Menurut ia, kegiatan penilaian lomba kampung bersih lan aman di tahun 2022 tingkat Kabupaten Serang, saat ini sedang dalam proses pembenaha. Mulai dari lingkungan kemudian menghias pagar di sepanjang jalan.

“Tak ketinggalan pula penanaman bunga di dalam pot yang berjejer di sepanjang jalan lingkungan yang semula tidak indah menjadi kini menjadi indah dan asri. Sehingga tampak begitu nyaman untuk dipandang mata,” selorohnya.

“Saya selaku Kades Sindangheula sangat berterima kasih kepada pemerintah Kabupaten Serang. yang telah meluncurkan kegiatan tahunan ini.
Semoga ke depannya berdampak positif bagi lingkungan. Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan LKBA.ini timbul kebiasaan masyarakat seperti, budaya gotong-royong,” beber Suheli.

Salah seorang warga Desa Sindangheula, Ruli Kurniawan, mengungkapkan, kegiatan LKBA diharapkan dapat menumbuhkan budaya gotong-royong khususnya di masyarakat Desa Sindangheula ini. “Secara tidak langsung dengan adanya kegiatan LKBA akan berdampak positif bagi masyarakat,” kilahnya.

Lanjut Ketua RT.06, RT.07, RT/04.dan  RT.03 mengatakan, dengan adanya program LKBA, pihaknya selaku Ketua  RT sangat berterima kasih kepada pemerintah Desa Sindangheula. Pasalnya LKBA sekarang ini dinilai sangat tepat lantaran bersamaan dengan moment Agustus,” urainya

Dikatakan, sambil memeriahkan 17 Agustusan yang ke-77, biasanya Ketua RT/RW mencari dana untuk menyambut HUT RI. Di tahun 2022 ini sangat terbantu dengan adanya kegiatan LKBA lantaran bisa meringankan beban masyarakat. Apalagi dengan adanya pandemi Covid-19 berdampak buruk pada melemahnya ekonomi masyarakat.

Kepala Fesa Sindanghaula, Suheli, menjelaskan, kebiasaan baik seperti menumbuhkan budaya gotong-royong akan timbul kembali seperti dulu. Konon katanya gotong-royong merupakan kegiatan turun-temurun maupun kegiatan leluhur nenek moyang kita yang harus dilestarikan, “Kami berharap dengan adanya LKBA ini masyarakat peduli terhadap lingkungan dan menjaga kelestarian,” tukasnya,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *