Kades Bumiwangi Giat Adakan Sosialisasi Pemanfaatan Potensi Sampah

0

Reportase : A. Abdurochim S. / Yani Sumiati – Editor In Chief : Hairuzaman.

Kab. Bandung. Harianexpose.com –

Pemerintah Desa Bumiwangi, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, membuka kegiatan sosialisasi dan edukasi, terkait pengelolaan pemanfaatan potensi sampah organik pada Selasa (30/8).

Acara pembukaan pelatihan Mobil Training Unit (MTU) bidang persampahan dari Kemenaker RI, pihaknya sudah mempersiapkan 16 orang yang akan mewakili dari Desa Bumiwangi yang berbasis kompetensi dan pelatihan mendaur.ulang sampah organik kejuruan mekanisasi dan pertanian.

Kegiatan tersebut dihadiri sejumlah tim instruktur Kemenaker RI, Kades Bumiwangi, Drs Rudiya N, serta sejumlah peserta pelatihan (kader).

Dikatakan Kdes Bumiwangi, Rudiya, ketika dikonfirmasi Harianexpose.com, pihaknya menguraikan tentang program dari ementrian Ketanagakerjaan RI,

Dalam pembukaan pelatihan berbasis kompetensi sampah organik kejuruan mekanisasi pertanian, terang Rudiya, ada 16 peserta didik yang mengikuti pelatihan tersebut. Dengan di bekali beberapa ilmu dan bisa disampaikan serta terserap di masyarakat Bumiwangi. Sehingga dapat dimanfaatkan oleh  masyarakat banyak.terutama masyarakat Bumiwangi.

“Selain dari pada itu pihaknya, menginginkan agar Desa Bumiwangi, paling tidak bisa menampung dan menerima kiriman, termasuk sampah, internal,” beber Rudiya meras bangga ,

Menurut ia, berdasarkan program follow upp, dari Kementrian, baik Kemenaker, Kementrian LH, bahkan dari Dinas Provinsi,.perbaikan lingkungan dapat terwujud di Desa Bumiwangi. Karena bidang persampahan adalah program skala prioritas.

“Insya Allah, tahun depan akan di bahas dan di programkan,dan miimal dapat. Bahkan seluruh bak sampah sudah kami bagikan di masing-masing tempat,” beber Rudiya

Kades berharap minimal kami dapat melaksanakan program ini dengan konsisten baik regulasi maupun anggaran, SDM dan berkolaborasi dengan dinas terkait. Baik itu dari Kementrian Pusat maupun kearifan Pemda maupun Provinsi

Rudiya menambahkan, hal ini merupakan kebanggaan bagi Pemdes maupun pribadi. Perbaikan lingkungan dapat terwujud. “Mudah-mudahan apa yang diprogramkan pihak Kementrian bisa terserap serta menambah wawasan dan pengetahuan,” harapnya.

Sementara itu Kementrian Seksi pelaksana, Fajar Maulana, menambahkan, program ini dari Kementrian langsung dari pusat. Program Mobile Training Unit (MTU) ini sudah layak diterima khusus untuk Desa Bumiwangi.

“Desa Bumiwangi ditetapkan sebagai desa yang mampu memberikan motivasi dan inspirasi kepada masyarakat banyak serta mendorong dan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) terutama dalam pengolahan sampah,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *