Mengintip Tradisi Maulid Nabi Muhammad SAW di Lingkungan Pejaten

0

Reportase : A.  Abdurrochim S. / Yani Sumiati – Editor In Chief : Hairuzaman.

Serang, Harianecpose.com |

Di setiap belahan dunia, seluruh umat muslim mengadakan berbagai kegiatan keagamaan untuk mengisi dan memeriahkan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Beraneka ragam dan adat istiadat guna mempertahankan serta melestarikan kearifan budaya lokal. Jangan sampai dihilangkan, akan tetapi harus dipertahankan.

Seperti halnya tradisi masyarakat di Lingkungan Pejaten RW.19 Kelurahan Kaligandu, Kecamatan Serang, Kota Serang, Banten. Masyarakat tampak begitu antusias dalam menperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Salah satu warga Lingkungan RW.19 Lingkungan Pejaten tampak sedang membawa sebuah Panjang Maulid menuju ke Masjid setempat. Dengan penuh keceriaan penuh semangat. Tak kenal lelah demi memeriahkan kelahiran Nabi Muhammad SAW yang di gelar di Masjid Al-Ikhlas pada Selasa (09/10/22).

Hadir pada acara itu, sejumlah Tokoh Ulama dari berbagai wilayah antara lain, Cigabus, Kaligandu, Cinanggung dan Penancangan. Tokoh masyarakat serta undangan lainnya, termasuk masyarakat sekitar untuk mengikuti acara Marhaban dan do’a bersama,

Ketua Panitia Pelaksana Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 Hijriyah, sekaligus mewakili Pengurus DKM Al-Ikhlas Pejaten, Saiful Asror, ketika dikonfirmasi wartawan, di sela-sela acara berlangsung, mengatakan, masyarakat menjadikan moment Peringatan Maulid Nabi Muhammmad SAW sebagai ajang untuk memperkuat  silaturahmi, menumbuhkan nilai sosial dan solidaritas. Kemudian meningkatkan nilai-nilai kepedulian dan aling berbagi antar sesama.

Ketua Pelaksana Periingatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Saiful Asror, menjelaskan, untuk tahun ini pasca Corona Virus Disesse 2019  (Covid-19), Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, tampak semakin meningkat ketimbang pada tahun sebelumnya.

“Alhamdulillah, warga Lingkungan RW.19 Pejaten sangat mensupport. Ratusan panjang maulid rela dan ikhlas untuk dibagikan kepada seluruh para undangan dan masyarakat umum yang hadir pada acara tersebut. Mereka seluruhnya merasakan dan tak ada satu pun yang,tidak kebagian, Mereka merasakan semua,” .tandasnya.

“Semoga untuk ke depannya bisa lebih maju dan meningkat lagi. Tingkat kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, tersebut bisa menambah, terutama nilai sosialnya lebih ditingkatkan lagi,” beber H. Syafrudin M. Nooh, Selasa (11/10).

Salah seorang tokoh masyarakat Lingkungan Pejaten, termasuk Ketua RW.19 Pejaten, H. Syafrudin, melalui gebyar panjang maulid dalam memeriahkan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Selanjutnya kepada seluruh panitia ,agar tetap menjaga  kekompakan, keharmonisan, kebersamaan serta keterbukaan agar acara yang sangat sakral ini berjalan kondusif sesuai harapan masyarakat Pejaten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *