Jalin Kemitraan, APDESI Pandeglang Sambangi Kantor Redaksi Media Online

0

Reportase : Sukri – Editor In Chief : Hairuzaman.

PANDEGLANG, Harianexpose.com |

Ketua APDESI Kabupaten Pandeglang,, Cecep Muhidin, didampingi Wakil Ketua, Ade Popyandi, menyambangi Kantor Redaksi Media Online AMGT Group di bilangan Perumahan Griya Abadi II Block D No.12 Desa Tegalpapak, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandeglang,, Provinsi Banten, pada Selasa (31/1/2023).

Silaturahmi yang dilakukan Ketua APDESI itu bertujuan guna membangun komunikasi publik fan sebagai mitra kerja bersama media online. Hal itu lantaran menjalin silaturahmi dan kemitraan merupakan aspek penting dalam membangun komunikasi publik yang efektif.

“APDESI merupakan wadah berkumpul khususnya para Kepala Desa umumnya Perangkat Desa, dan APDESI dibentuk untuk menampung dan menyalurkan aspirasi, sementara Media sumber informasi dan pengetahuan yang fungsinya sebagai sarana mengekspresikan pendapat, ide dan gagasan dengan lebih gamblang. Maka atas dasar itu silaturahmi dilakukan untuk membangun kompetensi komunikasi menjadi aspek penting dalam membangun komunikasi publik yang efektif,” terang Cecep Muhidin.

Ketua DPC APDESI Kabupaten Pandeglang itu juga menyampaikan sinergitas antara Apdesi dan Insan Pers perlu dilakukan untuk membangun serta memastikan hubungan kerjasama di internal Apdesi yang produktif. Selain itu, juga harus membangun kemitraan yang harmonis dengan para pemangku kepentingan agar bisa terekspose oleh media massa, terutama media online. Sehingga capaian hasil karya yang bermanfaat dan berkualitas dapat tersampaikan kepada publik.

“Membangun ketjasama dan kemitraan dengan perusahaan media massa atau Insan Pers dinilai sangat penting. Terutama peranannya yang begitu besar sebagai penyampai aspirasi para kepala desa dan perangkat desa guna membangun opini publik terkait program penbangunan yang telah dilaksanakan,” ujarnya

Menurut ia. berdasarkan asunsi tersebut, kesamaan pandangan dan pemikiran dalam membangun Pemerintah Desa dan masyarakat desa. Namun, keaneka ragaman dalam kontek sosial, budaya, kemampuan moril maupun materiil. APDESI mencoba membangun kebhinekaan itu melalui visi dan misi, yakni  terwujudnya Pemerintahan Desa dan masyarakat desa yang maju, kuat, sejahtera dan demokratis,” kata Cecep.

Masih dikatakan Cecep, melalui media massa, program kerja APDESI, sesuai hasil musyawarah tujuan dan harapan serta amanat Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) APDESI dan dengan media massa ini pula bisa menjadi barometer keberhasilan dalam membangun citra dan mengedukasi masyarakat. spesifiknya Kepala Desa dan Perangkat Desa.

“PR kami sebagai APDESI adalah menjaga dan mengangkat harkat dan martabat kepala desa. Memastikan dan mengawal program daerah agar tetap sesuai dengsn roda organisasi. Media  massa sangat dibutuhkan lantaran berfungsi sebagai sarana komunikasi dan informasi dalam membentuk opini publik,” bebernya

Ia berharap media massa yang berfungsi sebagsi sarana pendidikan dan informasi, alat kontrol sosian dan sarana hiburan, penting karena bisa membantu pemerintah dalam memberikan informasi yang memadai untuk masyarakat tentang program pemerintah, Kekuatan hubungan media massa dan pemerintah akan mempengaruhi kualitas hidup masyarakat. Tentu akan berpengaruh pada kepercayaan masyarakst pula,” paparnya.

Cecep mengungkapkan, APDESI memiliki peran sebagai mitra kerja dengan pemerintahan dalam rangka mendukung segala bentuk program pembangunan dan kebijakan untuk kemajuan desa.

“Terutama di Kabupaten Pandeglang, APDESI ingin memberikan warna baru agar pemerintahan desa mampu merepresentasikan diri atas kemajuan dan media massa sebagai alat informasi,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Wakil Ketua Apdesi Kabupaten Pandeglang, Ade Popyandi berharap kepengurusan DPC APDESI Pandeglang yang dinakhodai Cecep Muhidin, dinilai mampu menjalin kerjasama Memorandum of Understanding (MoU) antara DPC APDESI Pandeglang dengan Insan Pers, terkait pelaksanaan program kerja Apdesi sebagai organisasi profesi berbentuk kesatuan dengan ruang lingkup nasional, berdaulat dan mandiri, atas dasar kesamaan kegiatan, profesi di bidang pemerintah desa, serta pembangunan pedesaan.

“Harapan kami semua, Apdesi sebagai organisasi profesi yang menjadi wadah kepala desa, dapat memperjuangkan hak-hak desa dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan di bidang pembangunan desa dan kawasan pedesaan, pemberdayaan masyarakat, khususnya di Pandeglang. Pelaksanaan positif dan kritik dapat ter ekspose oleh media massa sebagai bentuk transparansi kepada publik. Sehingga kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dapat terwujud melalui peran dari informasi media massa,” urainya.

Sementara itu, Pemimpin Redaksi Media Online AMGT Group, Kasman, S.kom, menuturkan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Ketua Apdesi Pandeglang, yang telah menjalin kemitraan dengan Insan Pers. Sehingga semua progran kerja yang aka dikerjakan mauoun yagvsudah direalusasikan dapat diketahui oleh masyarakat maupun pihak-pihak terkait lainnya melalui kemitraan yang dibangun dengan Insan Pers.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *