Lurah Cigondewa Kaler Keluhkan Kantor Pelayanan Tak Layak Fungsi

0

Reportase : A. Abdurrochim S. / Yani Sumiati – Editor In Chief : Hairuzaman.

KOTA BANDUNGHarianexpose.com|

Beginilah kondisi saat ini yang tengaj dialami oleh pihak Kelurahan Cigondewa Kaler, Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung, Jawa Barat. Pasalnya, selama 10 tahun, akan tetapi belum juga ada realisasi akan direnovasi.

Kepala Seksi Pemerintahan (Kasipem) Kelurahan Cigondewa Kaler, Asef Abdussalam, yang mewakili Lurah Cigondewa Kaler, Titin Kartini, didampingi Ketua LPM, Usef Yudha Prawira, ketika dikonfirmasi Haruanexpose.com, ,di ruang kerjanya, baru-batu ini, menjelaskan, pihaknya menanggapi terkait Kelurahan Cigondewa Kaler itu sebetulnya warisan dan limpahan dari Pemerintah Kabupaten Bandung, pada tahun 1982. “Mudah-mudahan tahun 2023 ini sudah direalisasikan, tinggal menunggu waktu sa,” katanya.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Usef Yudha Prawira, menuturkan, melihat kondisi kantor kelurahan sangat memprihatikan dan sudah tak layak untuk pelayanan bagi masyarakat.

“Seluruh plafon sebagai penahan sudah rapuh. Bahkan sebagian genteng ada yang pecah dan sudah pada jatuh. Sehingga harus segera dibongkar total. Pasalnya sudah tidak pantas lagi untuk ditempato lantaran statusnya sudah kelurahan. Minimal harus sesuai dengan kantor kelurahan yang lainnya.

Kendati demikian, jelas Usef, untuk pelayanan kepada masyarakat lebih diutamakan. Sebab, hal itu merupakan salah satu yang paling penting. Ibaratnya kendati kantor acak-acakan, namun pelayanan terhadap masyarakat tetap menjadi skala prioritas.

“Bukan itu saja, namun keberhasilan selain pelayanan, beberapa program Pemkot Bandung sudah terealisasi. Salah satunya sebanyak 22 program rumah tidak layak huni (Rutilahu) sudah terealisasi,” ujarnya.

Bahkan, imbuh dia lagi, program isbath nikah sudah dilaksanakan. Larena di Kelurahan Cigondewa Kaler, mayoritas tidak memiliki surat nikah. Krgiatan itu bekerja sama dengan Pengadilan Negeri Kota Bandung.

Ketua LPM, Yudha, menambahkan,  Alhamdulillah program saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL), sudah dimanfaatkan masyarakat Cigondewa Kaler. Sehingga warga tidak membuang hajat di sembarang tempat atau ke solokan.

“Insya allah, di tahun 2023 ini segera merenovasi gedung olahraga (GOR), Hal itupun sama dengan kelurahan warisan kabupaten. Pasalnya, kondisinya sudah rapuh dan tidak layak untuk kegiatan, sebagaimana mestinya,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *