Danrem 064/MY Tampung Aspirasi Masyarakat Adat Cisitu

0

Reportase : Ahmadin.                            Editor In Chief : Hairuzaman.            Deputy Chief Editor : Prof. Dr. KH. Sutan Nasomal.

LEBAK – Harianexpose.com |

Komandan Korem (Danrem) 064/Maulana Yusuf, Brigjen TNI Tatang Subarna, melaksanakan kegiatan touring dengan menggunakan sepeda motor ke Koramil Wilayah Kodim 0603/Lebak.

Kegiatan yang diikuti oleh lebih dari 100 peserta mulai dari para Kasi Kasrem 064/MY, para Kabalak hingga Babinsa di wilayah Kodim 0603/Lebak tersebut berlangsung selama dua hari yakni Jumat-Sabtu (26-27 Mei 2023).

Selain mengunjungi Koramil, Brigjen TNI Tatang Subarna juga berkesempatan untuk bersilaturahmi dengan masyarakat adat Kasepuhan Cisitu.

Di sana, Jenderal Bintang satu yang akrab disapa Abah tersebut berdialog langsung dengan Kasepuhan Cisitu, para Kepala Desa, tokoh adat kasepuhan Cisitu, dan tokoh masyarakat kasepuhan.

Selain itu, Ia juga memberikan santunan secara simbolis untuk anak yatim/piatu dan bingkisan sembako kepada masyarakat.

Dalam kunjungan itu, Danrem 064/MY Brigjen TNI Tatang Subarna beserta para Kasi Kasrem 064/MY dan Para Kabalak dipakaikan ikat kepala khas wewengkon Cisitu.

Kasepuhan Cisitu, Abah Uta mengatakan, dirinya beserta warga merasa bangga atas kehadiran Danrem 064/MY.

Hal itu lantaran dengan kehadiran Danrem itu sudah menandakan bahwa TNI bisa bersama-sama dengan masyarakat.

“Saya merasa bangga dan senang bisa dikunjungi oleh Danrem 064/MY. Dalam kasepuhan, kami selalu taat kepada hukum baik itu hukum adat, agama serta hukum negara. Intinya adat kasepuhan Cisitu taat kepada Pemerintah,” katanya.

Dalam dialognya dengan Danrem 064/MY, Ia menjelaskan, warga Cisitu membutuhkan jaringan komunikasi agar komunikasi kami dengan warga dapat berjalan dengan baik.

Selain itu, akses jalan menuju wewengkon Cisitu cukup parah serta kurangnya penerangan jalan umum menuju wewengkon Cisitu.

“Dan satu lagi Abah Danrem, saya selaku kasepuhan Cisitu dan warga Cisitu sangat berharap kepada abah agar adanya warga Cisitu yang menjadi prajurit TNI. Karena sampai dengan saat ini belum ada warga Cisitu yang menjadi anggota TNI,” jelasnya.

Sementara itu, Danrem 064/MY, Brigjen TNI Tatang Subarna, mengucapkan terima kasih kepada kasepuhan Cisitu dan warga yang telah menyambut abah dan rombongan. Sehingga sampai ke Cisitu dalam keadaan aman dan selamat.

“Alhamdullilah, Abah merasa senang bisa berkunjung dan bersilaturahmi ke wewengkon Cisitu ini. Dengan do’a restu warga Cisitu abah sebagai Danrem bisa sampai tujuan dengan selamat,” ujarnya.

Jenderal Bintang Satu yang akrab disapa Abah itu mengungkapkan, dalam kunjungan ke wewengkon Cisitu, dirinya banyak menerima aspirasi dari kasepuhan diantaranya terkait infrastruktur jalan, serta minimnya penerangan jalan umum (PJU).

“Untuk memperjuangkan apa yang diharapkan warga Cisitu. Ke depannya Abah akan perintahkan Kodim Lebak untuk tahun depan pelaksanaan TMMD akan diprioritaskan di jalan menuju Kasepuhan Cisitu. Semoga saja pihak Pemda Lebak bisa menyiapkan dana untuk pelaksanaan TMMD tahun depan,” ujarnya.

Ia menambahkan, terkait permintaan Olot Cisitu dan warga yang warganya ingin masuk TNI, dirinya memerintahkan kepada Danramil serta Babinsa untuk melaksanakan rekrutmen kepada warga yang memenuhi syarat.

“Insya Allah, warga Cisitu yang berminat menjadi TNI dan memenuhi syarat Abah akan usahakan untuk merealisasikannya,” pungkas Danrem 064/MY.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *