KPU Bantah Sudah Terbitkan Draft Surat Suara Capres-Cawapres 2024

0

Editor In Chief : Hairuzaman.              Deputy Chief Editor : Prof. Dr. KH. Sutan Nasomal, Tambunan, SH, MH, LLM, P.hD.

JAKARTAHarianexpose.com|

Beredar sebuah gambar surat suara berlogo Komisi Pemilihan Umum (KPU) berisikan foto-foto pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) di Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024.

Pada gambar surat suara tersebut, ada nama Ganjar Pranowo yang berpasangan dengan Mahfud Md bernomor 01, Prabowo Subianto dengan Erick Thohir bernomor 02, dan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar bernomor 03.

Menanggapi hal itu, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) August Mellaz membantah gambar tersebut adalah milik pihaknya.

Menurut dia, sampai detik ini belum ada pencetakan surat suara, sebab masa pendaftaran pasangan capres-cawapres baru dilakukan pada besok, Kamis 19 Oktober 2023.

“Sampai saat ini, belum ada pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden yang telah ditetapkan KPU. Jadi, bisa dipastikan, foto tersebut bukan dari ataupun milik KPU,” ujar August melalui pesan singkat diterima, Rabu (18/10/2023).

Agusut menjelaskan, penentuan nomer urut baru akan dilakukan usai pasangan capres dan cawapres terbentuk. Artinya, hal itu baru akan dilakukan usai 25 Oktober 2023.

“Tanggal 19 sampai dengan 25 Oktober 2023 pendaftaran, publik baru akan tahu, siapa saja bakal pasangan calon peserta pemilu presiden dan wakil presiden yang akan didaftarkan,” jelas August.

Diketahui usai pendaftaran calon presiden dan wakil presiden, para kandidat akan menjalani tes kesehatan. Usai dinyatakan sehat, mereka baru akan memenuhi syarat sebagai pasangan calon.

Usai sah menjadi pasangan calon, para kandidat akan memiliki waktu selama 75 hari untuk berkampanye secara publik. Durasi masa kampanye tersebut sudah disepakati bersama antara DPR, pemerintah, dan KPU sebagai penyelenggara Pemilu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *