Satgas TMMD Ke-119 Kodim 0602/Serang Gelar Penyuluhan Bank Sampah

0

Reportase : Aliudin.                              Editor In Chief : Hairuzaman.

Serang -Harian Expose.com |

Pembangunan sasaran non fisik, pada pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 Kodim 0602/Serang bersama Pemerintah Kabupaten Serang, menyelenggarakan kegiatan penyuluhan tentang bank sampah dan latihan daur ulang sampah non organik. Kegiatn itu dihadiri oleh kader PKK dan masyarakat, bertempat di Desa Bojong Pandan, Kecamatan Tunjung Teja, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, pada Rabu (28/2/2024).

Dalam pelaksanaannya, seluruh peserta mendapatkan pengertian teknis hingga manfaat bank sampah. Bank sampah adalah sistem pengelolaan sampah khususnya kering sejak dari sumbernya (Rumah Tangga) hingga manfaat kembali pada sumbernya (Rumah Tangga) maupun lingkungan.

Pada sistem pengelolaan bank sampah di dalamnya juga terdapat pemilahan, administrasi (pencatatan), nasabah, penjualan dan pemanfaatan hasil bank sampah. Untuk pemanfaatannya sendiri mempunyai tiga sisi, yaitu sisi lingkungan, sisi ekonomis dan program berkelanjutan.

Cahyo Harsanto, ST, Bidang persampahan dan limbah B3 menyatakan, penyuluhan ini merupakan pelatihan teknis pengelolaan bank sampah. Sehingga apabila sebuah Desa atau komunitas masyarakat mempunyai bank sampah akan mempunyai banyak fungsi.

“Manfaat mempunyai bank sampah di wilayah yaitu reduksi sampah yang terukur, dapat menambah pendapatan kader lingkungan, pengembangan unit usaha kader lingkungan berbasis sampah,” katanya.

“Dan juga penting, mempunyai efektifitas menggugah partisipasi warga dalam pengelolaan lingkungan serta dapat juga sebagai sumber dana alternatif bagi kegiatan masyarakat khususnya di Desa Bojong Pandan,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *