WQA Indonesia Adakan Audit Eksternal di MUI Banten

0

Editor In Chief : Hairuzaman.

KOTA SERANG – Harian Expose.com |

Worlwide Quality Assurance (WQA) Indonesia yang bermarkas di Inggris, mengadakan Audit Eksternal ISO 9001 : 2015 di MUI Provinsi Banten, pada Jum’at (1/3/2024). Sementara itu, Auditor WQA diwakili oleh H. M. Indra Gunawan.

Dalam sambutannya, Ketua Tim ISO 9001 : 2015 MUI Provinsi Banten, Dr. Ir. KH. Syafrol Makmur, M.Pd, mengatakan, WQA adalah lembaga sertifikasi internasional yang bermarkas di Inggris. Sebelumnya, kami telah melakukan tinjauan manajemen mutu ISO kepada 11 komisi dan 7 lembaga/badan yang ada di MUI Provinsi Banten.

“Nanti melalui audit eksternal yang dilakukan oleh WQA, apakah sudah sesuai seperti yang kita harapkan. Semoga saja dengan adanya audit eksternal ISO akan memberikan masukan yang positif,” ujarnya.

Ketua Umum MUI Provinsi Banten, KH. Tb. Hamdi Ma’ani Rusydi, menjelaskan, sebelumnya MUI Banten telah melaksanakan audit internal ISO 9001 : 2015. Sekarang kita akan mengadakan audit secara eksternal yang dilakukan oleh WQA. Sebenarnya, esensinya sama saja. Bagaimana kerja kita hari ini dan sebelumnya. Saat ini kita akan di uji ulang melalui audit eksternal

KH. Hamdi menuturkan, “watawa saubil haqqi wa tawaa saubis sabr” (QS Al-Asr : 1-3), yakni, saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran. Apabila masih ada kekurangan, maka harus ada perbaikan untuk ke depannya

“Saya berharap dengan adanya audit eksternal ISO, kekurangan yang ada harus adanya perbaikan. Supaya nanti akan lebih baik lagi. Karena, tertibnya administrasi merupakan rohnya organisasi,” tandasnya.

Sementara itu, Perwakilan WQA Indonesia, H. M. Indra Gunawan, menambahkan, WQA adalah salah satu badan sertifikasi internasional yang bermarkas di Durham, sebelah utara Kota London, Inggris. Untuk WQA di Indonesia wilayah kerjanya meliputi kawasan Asia Pasifik.

“Ternyata Indonesia juga mampu untuk mengelola sertifikasi di kawasan Asia Pasifik dan bukan hanya di Indonesia saja,” bebernya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *