Pj. Gubernur Al Muktabar Lepas 22 Bus Program Mudik Gratis 2024 Provinsi Banten

0

Reportase : Ahmadin.                            Editor In Chief : Hairuzaman.

Kota Serang – Harian Expose.com |

Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar melepas ratusan peserta mudik gratis yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Banten. Pelepasan dilakukan di depan Lapangan Pancaniti, KP3B Curug, Kota Serang, pada Sabtu (6/4/2024)

Program mudik gratis yang dilakukan tahun ini, Pemprov Banten menyediakan 22 bus dengan kapasitas 990 peserta mudik. Dari Kota Serang menuju 9 Kabupaten dan Kota pada sejumlah Provinsi.

“Bagi Pemerintah Provinsi Banten ini merupakan agenda rutin tahunan, ini juga bagian dari kebersamaan kita dengan masyarakat dalam memeriahkan Hari Idul Fitri 1445 H. Sehingga kita fasilitasi untuk mudik gratis,” ungkap Al Muktabar.

Adapun mudik gratis tahun ini dengan tujuan, yakni Kota Palembang, Kota Tasikmalaya, Kota Cirebon, Kabupaten Garut, Kabupaten Banyumas (Purwokerto), Kabupaten Brebes, Kota Semarang, Kota Surakarta (Solo) dan Kota Yogyakarta.

Selain itu, kata Al Muktabar, untuk tahun ini Pemprov Banten memfasilitasi mudik gratis dari sejumlah Provinsi ke Provinsi Banten. Di antaranya dari Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat dan DI Yogyakarta.

“Kita juga membuka ruang mudik ke Banten gratis, serta dari Provinsi Banten ke beberapa daerah,” katanya.

Al Muktabar menyampaikan bahwa mudik gratis tersebut sebagai bentuk pemerintah hadir untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Mudah-mudahan dengan kita hadir terus bersama masyarakat, diharapkan terjadi kebahagian bersama dan menciptakan stabilitas daerah maupun nasional,” imbuhnya.

Sedangkan untuk kesiapan kendaraan dan kesehatan sopir pembawa rombongan mudik gratis tersebut, ujar Al Muktabar, pihaknya telah melakukan pengecekan secara teknis sehingga semua dapat memenuhi Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

“Tadi juga ada pengawalan yang dilakukan. Kita juga memberikan fasilitasi berupa makanan untuk nantinya peserta mudik gratis dapat melaksanakan berbuka puasa bersama di dalam kendaraan,” jelasnya.

Sementara, dalam laporannya Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Banten Tri Nurtopo menyampaikan, pelaksanaan mudik gratis tahun ini merupakan bagian icon dari tagline arus mudik, yakni Mudik Ceria, Penuh Makna.

“Pelaksanaan mudik gratis ini sebagai icon mudik ceria, penuh makna. Serta dalam rangka memberikan fasilitas kepada masyarakat Banten yang akan melaksanakan mudik tahun ini,” ujarnya.

Kemudian, Tri juga berharap dengan adanya program mudik gratis ini dapat mengurangi pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua. Lantaran, berdasarkan data, tingkat kecelakaan roda dua pada arus mudik cukup tinggi.

“Kami berharap dengan mudik gratis ini dapat mengurangi pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua, karena itu paling besar berpotensi terjadi kecelakaan,” jelasnya.

Ditempat yang sama, salah satu peserta mudik gratis asal Kota Tangerang Amarullah mengungkapkan, dirinya merasa senang, lantaran bisa pulang ke kampung halamannya melalui program yang dilaksanakan oleh Pemprov Banten.

“Tentunya senang yah. Saya bersama keluarga menuju Kota Yogyakarta,” katanya.

Ia juga berharap, pemerintah dapat terus melaksanakan program mudik gratis. Karena hal tersebut bisa membahagiakan masyarakat.

“Ini kali pertamanya saya mengikuti program mudik gratis yang dilaksanakan Pemprov Banten, saya harap pemerintah terus selalu membahagiakan dan mensejahterakan rakyatnya,” pungkasnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *