Bursa Pilgub Banten, Pesohor Politik Turun Gunung

0

Oleh :HAIRUZAMAN.

(Penulis Buku dan Praktisi Pers)

Tampaknya bursa Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten, bakal diramaikan oleh para pesohor politik dan kalangan birokrat. Sebut saja seperti, A. Dimyati Natakusumah (Anggota DPR RI Fraksi PKS), Airin Rachmi Diany (Politisi Partai Golkar), Rano Karno (Politisi PDIP), Andra Soni (Politisi Gerindra), Wahidin Halim (Politisi Demokrat), Al Muktabar (Pj. Gubernur Banten), dan sejumlah nama elite pollitik lainnya.

Dari sejumlah pesohor politik itu, nama A. Dmyati Natakusumah, barangkali sudah tak asing lagi di telinga. Selain saat ini menjabat sebagai Anggota DPR RI dari Fraksi PKS, ia juga sempat menjabat sebagai Bupati Pandeglang selama dua periode. Mantan salah satu pengusaha di kota seribu santri ini kariernya kian moncer saat terjun di kancah politik.

Tentu saja, nama Dimyati tak bisa dianggap remeh oleh para rival politiknya dalam bursa Pilgub Banten periode mendatang. Pasalnya, selama terjun di dunia politik, rekam jejak Dimyati terbilang begitu mulus hingga ia duduk di kursi senayan. Saat ini ia bakal turun gunung “mengincar” kursi Gubernur Banten.

Sementara itu, nama politisi lain yang tak kalah moncernya yakni, Airin Rachmi Diany. Politisi Partai Golkar, yang juga mantan Wali Kota Tangsel selama dua periode. Airin sukses “mengerek”  PAD Kota Tangsel. Sehingga namanya cukup diperhitungkan oleh semua rivalnya di panggung politik, terutama di kota jawara ini.

Wanita kelahiran kota kembang Bandung, Jawa Barat, ini merupakan menantu Tokoh Pendiri Banten, Alm. H. Chasan Sochib. Sehingga, selain Airin mempunyai basic keilmuan serta pengalamannya di pemerintahan, ia juga ditopang oleh modal finansial yang cukup kuat.

Sedangkan dua nama elite politik Banten lainnya yang juga inchumben Gubernur Banten yakni, Rano Karno dan Wahidin Halim. Masyarakat Banten tak hanya mengenal sosok Rano Karno sebagai seorang mantan Gubernur Banten saja. Akan tetapi, ia juga dikenal sebagai artis papan atas layar kaca maupun layar lebar. Nama Rano Karno begitu akrab di telinga masyarakat Banten dan dikenal dengan julukan “Tukang Insinyur”. Kendati demikian, ia sempat gagal saat maju sebagai Calon Gubernur Banten melawan rival politiknya, Wahidin Halim-Andika Hazrumy, pada periode sebelumnya.

Belakangan, inchumben Gubernur Banten, Wahidin Halim, juga digadang-gadang oleh Partai berlambang Mercy untuk maju kembali dalam bursa Pilgub Banten. Termasuk pula politisi Partai Gerindra, Andra Sony, bakal menyemarakkan bursa Pilgub Banten pada periode yang akan datang. Kita tunggu saja, koalisi para pesohor politik Banten tersebut dalam memenangkan pertarungan Pilgub Banten di tanah jawara. *”

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *