Pemekaran Kabupaten Serang Barat dan Dinamika Masyarakat

0

 

Oleh : HAIRUZAMAN.

(Penulis Buku dan Praktisi Pers)

Sebenarnya wacana pembentukan wilayah Kabupaten Serang Barat, terpisah dari induknya, Kabupaten Serang, telah lama digaungkan. Tentu saja apabila keinginan iitu segera terwujud, maka masyarakat di wilayah Serang Barat akan menyambutnya dengan suka cita.

Diketahui, Kabupaten Serang Barat meliputi 13 kecamatan antara lain, Kecamatan Kramatwatu, Gunung Sari, Waringin Kurung, Bojonegara, Pulo Ampel, Mancak, Anyar, Cinangka, Padarincang, Ciomas, Pabuaran dan Baros.

Fenomena pemekaran Kabupaten Serang Barat sebenarnya telah lama digaungkan. Bahkan, HA. Taufik Nuriman, saat masih menjabat sebagai Bupati Serang pernah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Forum Pemuda Serang Barat, di kawasan Anyar. Secara kebetulan, Penulis menjabat sebagai Wakil Ketua Forum Pemuda Serang Barat. Namun, dalam perjalanannya wacana pembentukan Kabupaten Serang Barat itu berjalan lamban seiring dengan banyaknya kepentingan dan saling tarik-menarik para elite politik yang ada di Kabupaten Serang

Pemekaran wilayah Kabupaten Serang Barat merupakan sebuah dinamika yang berkembang di tengah-tengah masyarakat. Pasalnya, selama ini wilayah Serang Barat mempunyai potensi yang begitu besar terutama dalam memberikan kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Serang. Beberapa kecamatan yang ada di wilayah Serang Barat yang mempunyai potensi bagi kontribusi PAD itu antara lain, Kecamatan Kramatwatu, Bojonegara dan Pulo Ampel. Dimana wilayah tersebut sebagai daerah perdagangan, jasa dan industri.

Sementara itu, di sektor pariwisata juga tak bisa dipandang sebelah mata seperti, wisata pantai Kecamatan Anyar dan Cinangka. Sedangkan di sektor agribisnis daerah yang cukup potensial di wilayah Serang Barat seperti, Kecamatan Baros, Gunung Sari, Waringin Kurung dan beberapa kecamatan lainnya.

Hal lain yang tak kalah penting dengan berdirinya Kabupaten Serang Barat ialah guna mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga masyarakat akan lebih mudah dan cepat serta efesien dalam hal kebutuhan pelayanan publik dari pihak pemerintah.

Dengan berdirinya Kabupaten Serang Barat diharapkan pula akselerasi pembangunan akan lebih cepat. Sehingga cita-cita untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat bakal segera terwujud. Hal ini pula yang melatar belakangi keinginan adanya pemekaran wilayah Kabupaten Serang Barat yang memisahkan diri dari induknya Kabupaten Serang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *