Perkuat Kualitas SDM, Karang Taruna Lotim Gelar Workskop Literasi Digital

0

LOTIM, Harianexpose.com

Memasuki era digital yang serba canggih membuat manusia di tuntud untuk serba bisa memanfaatkan peluang teknologi sebagai penunjang ke depan. Selain itu juga memberdayakan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pemuda. Hal itu disampaikan ketika digelar Workskop Literasi Digital bekerja sama dengan Karang Taruna Kabupaten Lombok Timur, bertempat di Gedung Serba Guna, Pulau Maringkik, pada jum’at (15/10/21).

Acara ini dihadiri oleh 50-an warga dan pemuda Pulau Maringkik. Tampak hadir dalam acara workshop literasi digital dari jajaran Pemerintah Desa Pulau Maringkik, Pengurus Karang Taruna Kabupaten Lombok Timur dan Pegiat Digital Nurlya, Jawara internet sehat, Indra Trisni Puspita dari Part Of Indigo Community, Telkom Indonesia serta Muslifa Pegiat UMKM, yang antusias menghadiri kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya, Sekretaris Desa (Sekdes), Agus S.Pd, mengatakan, bentuk terima kasih yang sebesarnya perihal kegiatan workshop serta kunjungan Karang Taruna Kabupaten Lombok Timur.

Ia berharap, dengan adanya pertemuan ini bisa membenahi pemuda-pemuda yang ada di Desa Pulau Maringkik.

“Sempat terbentuk Karang Taruna pulau Maringkik. Namun, eksistensinya hilang, maka kami berharap dengan adanya pertemuan ini ke depannya bisa terbentuk kembali,” ujarnya.

Sekdes menjelaskan, tahun 2017 silam berhasil dikumpulkan para pemuda untuk ikut dalam turnamen sepak bola yang diadakan baik di pulau Maringkik maupun diluar pulau. Itu dibiayai oleh pemerintah desa.

“kita biayai jika pemuda ingin bergerak di bidang olahraga dan mengembangkan bakatnya. Kami berharap dari Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbang), pemuda ikut hadir menuangkan ide dan gagasanny. Karena pemuda sebagai Agen Of Change (Agen perubahan-Red) untuk kemajuan desa,” ungkapnya.

Sampaian sebatik dituangkan oleh Ketua Karang Taruna Kabupaten Lombok Timur, Samsul Hadi S.Pd. Menurut ia, tujuan pertemuan pemuda ini ialah sebagai program kerja Karang Taruna Kabupaten Lombok Timur yakni, Goes to village serta ke depannya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) diperkuadiperkuat. Sebab, pemuda berperan penting dalam menyambut bonus demografi di masa yang akan datang.

Dalam kesempatan itu, Ketua Karang Taruna Kabupaten Lombok Timur, Samsul, mengajak pemuda ikut bersinergi dan berkontribusi nyata untuk kemajuan desa pulau Maringgik. Ikut serta mendukung program pemerintah dalam upaya pembangunan berkelanjutan.

“Peran pemuda sangat penting dalam mengawal perkembangan baik di desa dan ke depan. Bahkan, Permensos 25 tahun 2019 tentang Karang Taruna menyebutkan bahwa Karang Taruna adalah organisasi yang dibentuk oleh masyarakat sebagai wadah generasi muda untuk mengembangkan diri, tumbuh, dan berkembang atas dasar kesadaran serta tanggung jawab sosial dari, oleh, dan untuk generasi muda,” bebernya.

Ditempat yang sama, Indra Trisni Puspita dari Part Of Indigo Community, menguraikan, Telkom Indonesia menyampaikan untuk melawan berita hoax yang banyak tersebar di jejaring sosial.

“Lewat workshop ini saya paparkan dan jelaskan agar pengguna handphone tidak mudah percaya dengan berita hoax dan meng-klik link yang kurang jelas arahnya,” tandasnya

Sekdes menambahkan, dalam beberapa waktu terakhir banyak kasus narkoba yang terjadi serta pernikahan dini. Untuk itu, pemuda diharuskan ikut andil dalam memerangi kasus narkoba.

Reportase : Citra Maulida.

Editor In Chief : Hairuzaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *