Tingkatkan Ukhuwah Islamiyah, Kesultanan Kanoman Cirebon Gelar Halal Bihalal

0

Cirebon, Harianexpose.com

Dalam rangka untuk meningkatkan ukhuwah Islamiyah, Keluarga besar Kesultanan Kanoman Cirebon, Jawa Barat, menggelar kegiatan halal bihalal setelah satu minggu Hari Raya Idhul Fitri 1443 Hijriah. Acara iti bertempat di kraton Kanoman, pada Sabtu (5/5/2022).

Hadir dalam acara tersebut Sultan Kanoman ke-12, Kanjeng Gusti Sultan Raja Emiruddin, Pangeran Patih Raja Muhammad Qodiron, keluarga besar Abdi Dalem Kraton Kanoman, sejumlah komunitas masyarakat adat Cirebon dan para undangan lainnya. Kegiatan itu berjalan lancar dan penuh khidmah.

Patih Raja Muhammad Qodiron, ketika dikonfirmasi Harianexpose.com, mengatakan, kehadiran awak media disambut dengan baik oleh pihak Kraton Kanoman, usai kegiatan halal bihalal pada Sabtu (5/5/2022), di Kraton Kanoman. Kegiatan halal bihalal dilaksanakan setiap tahun. Kendati dua tahun yang silam maraknya pandemi Corona Virus Disease (Covid-19), namun tetap dilaksanakan sesuai arahan pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

Menurut Pati Raja Mohammad Qodiron, halal bihalal tersebut memiliki keistimewaan tertentu, terutama untuk menguatkan ukhuwah Islamiyah,
Apabila Abdi Dalem Kraton Kanoman,yang dibawah pimpinan Kanjeng Gusti Sultan Raja Emirudin Sultan ke-12, untuk menggugah kepada family, sesepuh, maupun abdi dalem, serta masyarakat adat Cirebon khususnya dan umumnya masyarakat Indonesia tidak lain untuk menyampaikan pangapura.

Intinya keluarga besar Abdi Dalem Kesultanan Kraton Kanoman yang dipimpin Kanjeng Gusti Sultan Raja Emirudin, tidak pernah membedakan bawahannya. Hal itu merupakan sebuah simbol untuk keeratan ukhuwah Islamiah dan sebuah pembuktian bahwa Kanjeng Gusti Sultan Raja Emirudin, masih peduli terhadap masyarakat.

memasuki bulan Syawal yang penuh barokah dan ampunan itu, inti dari  halal bihalal, urai Patih Raja Mohammad Qodiron, agar saling maaf memaafkan.
Menyinggung kegiatan halal bihalal terutama keluarga besar Kraton Kanoman dan umumnya masyarakat Cirebon adalah untuk mempererat tali silaturahmi agar moment seperti ini bisa menjadi sebuah kekuatan dan lambang syiar Islam yang harus dipertahankan dan dilestarikan serta jangan sampai pudar.

Kemudian yang lebih penting bagi masyarakat Cirebon maupun di luar kota Cirebon, bisa bersalaman langsung dengan Kesultanan Kanoman, Sultan ke 12, Kanjeng Gusti Sultan Raja Emirudin dan Pangeran Patih Raja Mohammad Qodiron, beserta seluruh keluarga besar maupun Abdi Dalem Kesultanan Kanoman.

Ia berharap mudah- mudahan acara tersebut jangan sampai berhenti (fakum). Moment seperti ini tetap kita eratkan ukhuwah Islamiahnya. Hal ini sesuai pesan Kanjeng Gusti Sultan Raja Emirudin kepada Patih Raja Mohammad Qodiron. Acara halal bihalal ini terus berlanjut hingga akhiruz zaman.

Di tempat terpisah, Yus Hermansyah,cdi ldampingi Ismail Nur Maulidin selaku komunitas D1.RAN.QU dibawah pimpinan Mama Patih Raja Mohammad Qodiran, menutirkan, dengan terselenggaranya halal bihalal ini sangat mensuport dan saling mengenal di antara sesama muslim bisa bertatap muka dan bermuajahah dengan Sultan dan Patih maupun Abdi Dalem Kraton Kanoman.

Reportase : A. Abdurrochim S.

Editor In Chief : Hairuzaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *