Pengaruh Market Place Shopee Terhadap Perubahan Gaya Belanja Masyarakat

0

Oleh : MAYANG SARI.

(Mahasiswi Fakultas Ilmu Komunikasi Univeesitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten).

Sejak zaman dahulu masyarakat Indonesia sudah terbiasa membeli segala kebutuhan hidupnya di pasar tradisional. Pasar tradisional menurut Wicaksono merupakan tempat di mana para pembeli dan penjual bertemu dan melakukan aktivitas tawar-menawar secara tatap muka (face to face). Pada pasar tradisional biasanya para penjual akan menaruh dagangannya secara berjejer dengan penjual lainnya. Selain itu, pasar tradisional juga menjual beragam kebutuhan seperti sayur-sayuran, ikan, berbagai macam daging, buah-buahan, pakaian, perlengkapan rumah tangga, dan berbagai macam alas kaki dengan harga yang tergolong relatif murah.

Pasar tradisional sampai saat ini masih menjadi tempat favorit masyarakat, terutana strata bawah untuk berbelanja. Namun, sekarang pasar tradisional sudah tidak seramai dulu sejak kehadiran berbagai macam Market Place seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Zalora, dan lain-lain. Marketplace merupakan suatu platform yang bertugas sebagai perantara antara penjual dan pembeli untuk melakukan proses transaksi jual beli secara daring atau online. Market Place juga memiliki berbagai fasilitas seperti metode pembayaran yang beragam, estimasi waktu pengiriman, pemilihan produk sesuai kategori, dan ulasan pembeli pada setiap produk.

Tak bisa dipungkiri bahwa perkembangan teknologi membawa pengaruh yang luar biasa terhadap kehidupan. Kemajuan teknologi dalam bidang jual beli memberikan kita kemudahan dalam berbelanja maupun berjualan seperti yang dilakukan oleh suatu platform terkenal saat ini yaitu, Shopee.

Shopee merupakan platform belanja online yang didirikan pada tahun 2015 oleh Forrest Li. Sebelum menjadi market place nomor satu di Asia Tenggara, Shopee awalnya hanya didirikan di 7 negara. Namun, seiring berjalannya waktu market place shopee terus berkembang maju dan memiliki banyak peminat. Di Indonesia sendiri, Shopee didirikan pada bulan Desember 2015 dengan tujuan agar Shopee dapat membuka jalan proses jual beli antara penjual dan pembeli dari berbagai negara di Asia Tenggara. Market place Shopee menawarkan pengalaman berbelanja dan berjualan yang mengesankan dengan fitur-fitur yang dimilikinya.

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh Shopee agar pembeli betah menggunakannya terdiri dari program gratis ongkir, diskon yang berlimpah terutama pada saat tanggal cantik seperti 10.10 yang berarti tanggal 10 pada bulan 10, kolom ulasan pembeli yang berguna untuk melihat ulasan suatu produk agar tidak tertipu dengan foto, garansi produk original, spaylater yang memudahkan pembeli untuk membeli suatu produk dengan cara mencicil pembayaran, spinjam, metode pembayaran yang beragam, dan pilihan jasa kirim yang beragam. Untuk dapat berbelanja di shopee, pembeli hanya perlu membuat akun Shopee, melengkapi data diri, dan menginput alamat pengiriman.

Kehadiran Shopee sebagai market place di Indonesia mengubah kebiasaan berbelanja masyarakat Indonesia, yang semula masyarakat membeli segala kebutuhannya di pasar, kini masyarakat lebih senang berbelanja melalui Shopee. Masyarakat berpendapat bahwa berbelanja di Shopee sangat memudahkan hidup mereka karena di Shopee kita bisa membeli semua kebutuhan tanpa perlu pergi ke pasar, masyarakat hanya perlu membuka aplikasi Shopee dan mencari apa yang diinginkan atau dibutuhkan dalam waktu bersamaan dan singkat. Kemudian setelah itu kita bisa memilih ingin melakukan pembayaran elektronik melalui bank, shopee pay, spaylater, dan OVO maupun melakukan pembayaran secara tunai melalui sistem bayar di tempat, pembayaran melalui Indomaret, dan Alfamart atau Alfamidi,

Mudahnya berbelanja secara online melalui market place Shopee membuat masyarakat Indonesia cepat beradaptasi dengan market place tersebut, yang semula terbiasa berbelanja secara langsung di pasar. Namun, kini mayoritas masyarakat sudah mahir berbelanja secara online melalui Shopee.

Perubahan gaya berbelanja masyarakat yang semula berbelanja di pasar tradisional dan kini berbelanja secara daring melalui aplikasi Shopee menandakan telah terjadi perubahan dalam masyarakat. Hal itu selaras dengan Teori Siklus Perubahan Sosial. Ibnu Khaldun melihat kehidupan masyarakat sejalan dengan siklus yang menjadi bagian dari masyarakat itu sendiri. Pada awalnya masyarakat hanyalah peradaban yang sederhana lalu seiring berjalannya waktu masyarakat berusaha untuk melakukan perubahan melalui pembangunan dan mereka mencoba meningkatkan taraf hidup dengan cara meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kemajuan teknologi. Akan tetapi, pada akhirnya merekalah yang menghancurkan segala pembangunan yang telah mereka bangun.

Menurut saya, perubahan gaya berbelanja yang terjadi pada masyarakat menandakan bahwa masyarakat Indonesia kini sudah dapat menerima adanya kemajuan teknologi. D mana kemajuan tenologi itu sendiri merupakan pengaruh globalisasi. Kehadiran Shopee sebagai market place bagi masyarakat Indonesia juga berdampak positif terhadap kehidupan masyarakat, terutama di era pandemi Covid-19. Pada era tersebut, pemerintah mengaplikasikan kebijakan bagi seluruh masyarakat untuk tetap berdiam diri di rumah yang menyebabkan masyarakat panik. Sehingga terciptalah keadaan di mana masyarakat melakukan tindakan panic buying.

Panic buying merupakan sebuah tindakan pembelian secara berlebihan atau penimbunan suatu barang yang didasari oleh rasa panik dan rasa takut yang berlebihan. Tindakan membeli produk tertentu dalam jumlah yang besar ini disebabkan oleh rasa takut tiba-tiba akan kekurangan atau kenaikan harga pada barang. Biasanya terjadi untuk mengantisipasi suatu bencana atau setelah terjadinya suatu bencana. Akibat panic buying yang dilakukan olegh masyarakat menyebabkan banyak swalayan kehabisan stock bahan-bahan makanan dan obat-obatan dan dengan adanya market place Shopee, masyarakat yang tidak kebagian stock bahan makanan maupun obat-obatan bisa melakukan pembelian secara daring melalui market place Shopee.

Market place Shopee merupakan wujud dari kemajuan teknologi dimana manusia berusaha membuat software untuk dapat menjalankan aplikasi tersebut. Aplikasi Shopee ini diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat dan benar saja, Shopee mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi bagi orang-orang yang berjualan melalui aplikasi ini. Hadirnya Shopee ini mengubah kebiasaan masyarakat yang biasanya berbelanja di pasar, kini masyarakat bahkan membeli sayuran, buah-buahan, daging, dan ikan pun melalui aplikasi ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *