Destinasi Wisata Danau Kalimati Pamarayan

0

Reportase : Nono / Sukardi.

SERANG – Harianexpose.com |

Danau Kalimati yang keberadaannya tepat berada diantara dua desa, yakni, Desa Panyabrangan, Kecamatan Cikeusal dan Desa Pamarayan, Kecamatan Pamarayan, Kabupaten Serang, Provinsi Banten,sekarang ini tampak lebih bersih dan asri dari sebelumnya, pada Selasa (21/5/2024)

Roni salah satu relawan yang berjibaku untuk membersihkan Danau Kalimati merasa sangat bersyukur, Menurut Roni, danau yang keberadaannya tak jauh dari tempat tinggalnya itu pihaknya betsana saya para relawan sudah melaksanakan kegiatan membersihkan tumbuhan eceng gondok di atas danau dengan luas kurang lebih dua hektare.

Roni mengungkapkan, dirinya debagai salah satu warga Kampung Bedeng, RT.12/RW 03 Desa Panyabrangan, Kecamatan Cikeusal, Kabuoaten Serang, bersama para relawan dan aktifis lingkungan segera bertindak untuk berinisiatif membersihkan eceng gondok. Kafena selama ini menjadi  bisa menjadi sarang tikus, ular dan hama lainnya. Sain itu juga berdampak air menjadi keruh dan mengganggu habitat. Karena kurangnya oksigen salah satunya ikan.

“Melihat kondisi seperti itu, tentunya sangat mengetuk hati kami sebagai warga untuk berinisiatif membersihkan tanaman eceng gondok tersebut. Kami berharap untuk instansi terkait pengelola Sungai Ciujung agar memperhatikan dan peduli dengan adanya Danau Kalimati, Kalau dikelola dengan baik danau ini tidak menutup kemungkinan untuk bisa dijadikan destinasi wisata dan tempat mancing yang nyaman,” bebeenya.

Hal senada disampaikan Latip, warga setempat yang turut serta membersihkan danau tersebut. Menurut ia, tempat ini sekarang sudah ramai dikunjungi para pemancing ikan, baik warga Desa Panyabrangan maupun dari luar. “Saya juga berpesan bagi warga dan pengunjung untuk tidak menjala ikan atau membuang sampah sembarangan,” pintanya

Tentunya saya sebagai warga Kampung Bedeng yang letaknya berdekatan dengan Danau Kalimati ini merasa senang. Pasalnya, jerih payah kami selama ini dengan warga untuk membersihkan danau sudah bisa dinikmati oleh warga Desa Panyabrangan dan sekitarnya. Hal ini juga berdampak posotif terutama bagi warga Kampung Bedeng guna menambah penghasilan keluarga dengan cara mengais rezeki seperti berjualan kopi, es dan makanan ringan lainnya. “Sedangkan pembelinya dari para pengunung yang sengaja datang untuk sejenak menghilangkan rasa penat setelah bekerja dan pemancing,”ujar Latip.

Selanjutnya,awak media ketika berkunjung pada hari Minggu.(19/5/2025) ke Danau Kalimati mewawancarai salah satu pengunjung warga Warung Gunung dan mengatakan kepada awak media,saya sebagai karyawan disalah satu perusahaan swasta,ketika hari Minggu menjadi momen untuk menyalurkan hobi memancing.

“Saya disini merasa nyaman, Danaunya sekarang lebih bersih dan asri. Padahal dulu danau ini banyak ditumbuhi eceng gondok. Karena saya dan teman juga sering mancing ikan pas waktu saya libur kerja, Disini bisa sepuasnya memancing ikan tanpa dipungut biaya sepeserpun,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *