512 Peserta Ikuti Workshop Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa di Lembang

0

Reportase : A. Abdurrochim S. /

 

Yani Sumiati.

 

Editor In Chief : Hairuzaman.

LEMBANG – Harianexpose.com|

Diretur Utama PT. Sarana Diklat Nasional, Jangga Siregar SH. ketika dikonfirmasi jurnalis Harianexpose.com di sela sela kegiatan berlangsung. mengatakan, peserta yang hadir untuk mengikuti Diklat Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa tercatat sekitar 278 desa dari 326 desa. dari 29 kecamatan. Sedangkan 1 kecamatan yang tidak hadir yaitu Kecamatan Mancak, Kabupaten Serang, Banten.

Acara tersebut menghadirkan nara sumber dari Polresta Serang, Dirut Diklat Nasional, Jangga Siregar, termasuk para Pengurus APDESI, Kepala Desa, Sekretaris Desa, Bendahara maupun perwakilan dari masing-masing desa se-Kabupaten Serang. Kegiatan itu bertempat di Lembah Ciater Resort Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, pada Selasa (21/5/2024).

Menurut ia, peserta workshop peningkatan kapasitas aparatur desa, se kabupaten serang tersebut,sesuai data yang mendaftar , yang masuk melalui via online sekitar 712 orang ,namun sesuai informasi yang hadir sekitar 512 orang , termasuk kades, sekdes, bendahara,dan kasipem.jelas Dirut Jangga Siregar.

Dalam pantauan tim jurnalis harianexpose.com peserta workshop sebelum memasuki ke gedung,harus mengisi registrasi dari masing Kepala desa maupun yang lainnya,acara berlangsung tertib dan berjalan lancar sesuai yang diharapkan.

Jangga Siregar menjelaskan. terkait workshop hari ini, perlu di ingatkan bahwa di tahun 2024 merupakan tahun politik, tepatnya 27 November 2024 mendatang akan dilaksanakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak,yang tentunya banyak para politisi yang memanfaatkan aparat desa.

“Sehingga kepala desa dijadikan sebagai tim sukses. Atas dasar itu pihaknya mengimbau kepada kepala dinas terkait, bagaimana agar bisa bekerjasama untuk memberikan penyegaran dan lebih berhati-hati kepada para kepala desa. Jangan sampai terjebak ikut terlibat dalam mendukung salah satu pasangan calon (Paslon). Apalagi menggunakan dana desa,” tandasnya.

Kegiatan Workshop Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa itu berlangsung selama dua hari. Terhitung sejak Selasa, 21 Mei 2024 check in hingga Rabu, 22 Mei 2024 . (check out.) Dengan pembahasan pertama larangan penggunaan dana desa dalam politik praktis dan kewenangan kepala desa menjaga integritas Pilkada. Kemudian pembahasan pada sesi kedua tentang  evaluasi dan tata cara pembuatan Peraturan Desa (Lerdes) sesuai peraturan perundang undangan yang berlaku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *