Jelang Reforma Agraria Summit 2024, Menteri AHY : “Kita Dorong Tanah Masyarakat Bisa Makin Produktif”

0

Editor In Choef : Hairuzaman.

Kab. Badung – Harianexpose.com |

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dijadwalkan menghadiri Reforma Agraria (RA) Summit 2024 di The Meru Sanur, Bali, besok, Jumat (14/06/2024). Menjelang kegiatan tersebut, Menteri AHY telah hadir di Provinsi Bali pada Kamis (13/06/2023).

Reforma Agraria Summit 2024 merupakan kegiatan yang dilaksanakan Direktorat Jenderal (Ditjen) Penataan Agraria sebagai tindak lanjut dari kegiatan Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Summit 2022 di Wakatobi dan GTRA Summit 2023 di Karimun.

Menteri AHY mengungkapkan, penyelenggaran Reforma Agraria Summit nantinya akan menjadi momentum yang baik karena Kementerian ATR/BPN akan melakukan _review_, evaluasi, dan melaporkan kepada masyarakat capaian terkait Reforma Agraria.

Salah satu hal yang dibahas Menteri ATR/Kepala BPN jelang kegiatan Reforma Agraria Summit ini ialah terkait pelaksanaan penataan akses setelah masyarakat menerima aset. “Jadi bagaimana kita mengevaluasi, tanah masyarakat yang sudah disertipikatkan itu dapat produktif,” ungkap Menteri AHY kepada awak media pada Kamis (13/06/2024).

Menteri AHY juga menyampaikan bahwa dalam kegiatan esok akan dibahas berbagai tantangan terkait Reforma Agraria. Hal-hal yang dibahas salah satunya tantangan penyelesaian Reforma Agraria yang melibatkan berbagai kementerian/lembaga.

“Termasuk juga hambatan dan sumbatan yang terjadi dengan berbagai pihak lainnya baik di pusat maupun daerah,” pungkas Menteri AHY.

Diharapkan dengan evaluasi yang dilakukan, Reforma Agraria Summit 2024 ini bisa menjadi jembatan pelaksanaan Reforma Agraria pada pemerintahan selanjutnya.

Dalam kunjungannya kali ini, Menteri AHY didampingi oleh Pembina IKAWATI ATR/BPN, Annisa Pohan Yudhoyono; sejumlah Staf Khusus dan Tenaga Ahli; Kepala Biro Humas Kementerian ATR/BPN; serta Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *